Musim Kemarau, Waspadai Terjadinya Kebakaran Hutan

SIMALUNGUN - Musim kemarau yang terjadi sejak sepekan belakangan ini menyebabkan menimbulkan sejumlah titik api di kawasan hutan Sipolha, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Sumatera Utara di Kabupaten Simalungun, Jonner Sipahutar mengatakan pihaknya telah memadamkan titik api bekerjasma dengan tim Manggala Agni dan sejumlah warga.

“Sudah ada ditemukan titik api kawasan hutan Kabupaten Simalungun, persisnya di Sipolha, Kecamatan Sidamanik, namun kebakaran hutan tidak meluas karena dapat dengan cepat dipadamkan atas kerjasama Manggala Agni dan warga sekitar,” terang Jonner.

Jonner beharap masyarakat di sekitar kawasan hutan,untuk tidak melakukan upaya pembersihan lahan dengan cara membakar, khususnya pada musim kemarau,untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan. Kawasan hutan di wilayah Kabupaten Simalungun yang rawan terbakar diantaranya di kecamatan Girsang Sipangan Bolon,Purba,dan Sidamanik.

Camat Girsang Sipanganbolon, James A Siahaan yang menerangkan sudah meminta para kepala desa untuk proaktif menyampaikan himbauan kepada warganya untuk tidak melakukan pembakaran lahan saat membersihkan ladang atau kebunya khususnya yang berdekatan dengan kawasan hutan.

“Himbauan kepada masyarakat supaya tidak melakukan pembakaran lahan, saat membersihkan ladang atau kebunnya, khususnya yang berdekatan dengan kawasan hutan, sudah disampaikan melalui kepala desa,karena banyak kawasan hutan di sekitar Danau Toba yang berada di kecamatan Girsang Sipangan Bolon,rawan terbakar,” katanya. (davis/mm)