Dampak Letusan Gunung Agung, Penerbangan KNIA- Bali Dibatalkan

Medanmerdeka.com - Ratusan penumpang dari Bandara Udara Kuala Namu Internasional Airport (KNIA) yang akan transit tujuan Bali terpaksa dibatalkan tiket penerbangannya lantaran ditutupnya Bandara Ngurah Rai akibat dari letusan Gunung Agung.

Informasi diperoleh pada Selasa (28/11/2017), penumpang tersebut masing-masing dari maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 266 jadwal keberangkatan pukul 07.00 WIB, rute KNIA-Palembang-Bali sebayak 32 orang, Lion Air nomor penerbangan JT 960 jadwal keberangkatan pukul 09.00 WIB, rute KNIA-Bandung-Bali sebanyak 29 orang dan Lion Air nomor penerbangan JT 902 jadwal keberangkatan pukul 15.15 WIB, rute KNIA-Bandung-Bali penumpang sebayak 43 orang.

Pembatalan ini terkait keluarnya Notice To Airmen (Notam) dari otoritas bandara terkait, bahwa Bandara Ngurah Rai ditutup satu hari, sejak Senin (27/11/2017) sampai Selasa (28/11/2017). Penutupan Bandara Ngurah Rai tersebut terkait bencana alam letusan Gunung Agung.

Manager Humas Bandara KNIA, Wisnu Budi Setianto didampingi Manager Airport Duty Abdi Negoro kepada wartawan tidak menampik pembatalan tersebut. Namun demikian, menurutnya penerbangan di Bandara Kuala Namu sejauh ini belum terganggu. Sebab, penumpang yang dibatalkan tersebut adalah penumpang yang akan transit ke Bali. "Penerbangan maskapai kalau dari KNIA- Palembang terus jalan, begitu juga KNIA-Bandung, hanya saja penumpang ke Bali yang dibatalkan," terangnya.

Terkait penumpang menurutnya, diserahkan pada pihak maskapai, apakah mereka memilih pengembalian tiket (refund) atau menunggu jadwal keberangkatan berikutnya. "Yang jelas terkait penerbanygan di Bandara Kuala Namu sejauh ini masih tetap normal dan lancar sebagaimana mestinya," tandasnya. (ay/mm)