Operasi Yustisi Polres Batubara Tindak 42 Pelaku Pelanggaran Protokol COVID-19

Seorang warga dihukum sosial tertunduk lesu karena tidak mengenakan masker. (Foto/Ist)

BATUBARA – Tim gabungan Polres Batubara, TNI dan Pemkab Batubara kembali menggelar Operasi Yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan COVID-19, di sejumlah kawasan.

Dalam operasi Yustisi, tim gabungan berhasil menindak 38 warga tidak menggunakan masker, dan 4 pelaku usaha dengan kesalahan yang sama. “Hari ini sebanyak 42 pelaku pelanggaran yang kita berikan sanksi. 25 teguran lisan, 12 teguran tertulis dan 5 sanksi sosial,” kata Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis, Senin (28/9/2020).

Dijelaskan Kapolres, Operasi Yustisi 2020 penegakan disiplin protokol kesehatan dilakukan secara rutin dalam rangka memutus mata rantai penyebaran COVID-19, di tengah-tengan masyarakat.

“Disamping memperkuat sosialisasi, tim gabungan juga melaksanakan penegakan hukum sebagai efek jera bagi pelaku penggaran,” tegas Kapolres.

Namun yang terpenting, sambung AKBP Ikhwan, tingkat kesadaran masyarakat untuk menerapkan 3 M (Masker, Mencuri Tangan dan Menjaga Jarak) harus benar-benar dijalankan dengan kesadaran sendiri, demi terjaganya kesehatan.

“Jangan anggap sepele pandemi COVID-19, korbannya nyawa. Mari budayakan masker bagian dari kehidupan sehari-hari di tengah corona,” pungkas Kapolres.

Operasi Yustisi melihatkan 18 Personel Polri, TNI, 6 Satpol PP, 5 Dinas Perhubungan, dengan sasaran Jalinsum Indrapura, Limapuluh, Sei Bejangkar, dan Simpang Tanah Datar.