Ops Yustisi, Kapolres Batubara Pakaikan Masker Pengendara Sepeda Motor

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis Pakaikan masker seorang pengendara di Indrapura, Kecamatan Airputih. (Foto: MEDANmerdeka/Zein)

BATUBARA – Tim gabungan Polres Batubara, TNI dan Pemkab daerah menggelar Operasi Yustisi di dua lokasi terpisah. Sosialiasi penerapan protokol kesehatan dengan memakai masker diperkuat dengan tujuan mencegah COVID-19, Selasa (15/9/2020).

Sasaran utama Operasi Yustisi 2020, yaitu fasilitas umum seperti pasar tradisional Delima, Indrapura, Kecamatan Airputih dan Pasar Ikan Tanjung Tiram, Batubara.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis turun langsung menyapa dan memperingatkan sejumlah warga yang tidak mengenakan masker. Tanpa canggung, Kapolres langsung memberikan dan memakaikan masker kepada warga di Pasar Delima, Indrapura.

Sementara, tim Satpol PP Pemkab Batubara mendata dan memperingatkan warga yang tidak mamakai masker. “Sosialisasi pakai masker harus kita perkuat, dan harus dilakukan bersama-sama,” tegas Kapolres.

Selepas sosialiasi, sambung Kapolres, tim gabungan TNI, Polri dan Pemkab Batubara akan memberlakukan penerapan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 58 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19.

“Nantinya pelaku pelanggaran protokol kesehatan akan dijatuhi sanksi teguran,pembinaan fisik,  pembinaan sosial, adimintrasi, denda hingga pencabutan izin bagi pelaku usaha,” terang Kapolres.

Bahkan pelanggaran oleh pelaku usaha pengelola penyelenggaraan atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum berupa teguran lisan/teguran tertulis, denda administrasi sebesar Rp 500.000.