Pemkab Sergai Gelar Pilkades Serentak 2017

Medanmerdeka.comPelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tujuh (7) kecamatan se-Kabupaten Sergai, Kamis kemarin (23/11) berlangsung sukses.

Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya bersama unusr Forkopimda melakukan peninjuan langsung Pilkades serentak 2017 di Desa Melati II, Kecamatan Perbaungan.

Peninjauan dimulai dengan mengunjungi TPS Desa Melati II Kecamatan Perbaungan. Terdapat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkades terbanyak yaitu 11.494 jiwa. Kemudian peninjauan ke TPS Desa Sarang Gitting, Kecamatan Dolok Masihul dan TPS Desa Karang Tengah Kecamatan Serbajadi.

Disela-sela peninjauan tersebut Wabup Darma Wijaya berharap pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2017 berjalan aman, tertib dan lancar dan menjaga persatuan serta kesatuan karena kita semua Bersaudara. Untuk itu masyarakat diimbau mempergunakan hak pilihnya karena satu suara akan sangat menentukan masa depan desa itu sendiri.

Darma Wijaya juga mengingatkan Panitia Pilkades untuk bekerja sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku serta bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya.

Sementara Kadis Pemerintahan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs. Dimas Kurnianto, SH dalam laporannya mengatakan terdapat 15 Desa pada 7 kecamatan di Kabupaten Sergai yang menggelar Pilkades meliputi Kecamatan Perbaungan, Kotarih, Dolok Masihul, Silinda, Sei Bamban, Serbajadi dan Tebing Tinggi dengan total DPT 40.446 jiwa dan 46 Calon Kepala Desa.

Selain Desa Melati II Kecamatan Perbaungan dengan jumlah DPT terbanyak, untuk Desa dengan jumlah DPT paling sedikit ada pada Desa Sei Kari Kecamatan Kotarih dengan jumlah 288 jiwa.

Pilkades Serentak Tahun 2017 ini ada hal yang menarik, berdasarkan Keputusan Mahkamah Konstitusi Nomor 128/PUU-XIII/2015 bahwa Hasil putusan ini menyatakan dihapusnya salah satu syarat Calon Kepala Desa yaitu "terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang 1 (satu) tahun sebelum pendaftaran". Putusan MK ini telah diakomodir dalam Perda Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Serdang Bedagai Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pedoman Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa. Namun untuk gelaran Pilkades Serentak tahun ini tidak ada penduduk dari luar desa yang mendaftar menjadi Calon Kepala Desa dari masing - masing 15 desa yang mengadakan Pilkades, terang Dimas Kurnianto.(oke/mm)