Pemukiman Warga Dolok Batu Nanggar Terendam Banjir

MENINJAU : Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga berbincang dengan warga korban banjir di Kelurahan Serbelawan,Kecamatan Dolok Batu Nanggar,Kabupaten Simalungun,Minggu (foto:vis/mm

MENINJAU : Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga berbincang dengan warga korban banjir di Kelurahan Serbelawan,Kecamatan Dolok Batu Nanggar,Kabupaten Simalungun,Minggu (foto:vis/mm

Medanmerdeka.com – Puluhan rumah warga di Kelurahan Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar,Kabupaten Simalungun terendam banjir,Sabtu malam. Hingga Minggu (3/12) para korban banjir mengungsi ke rumah keluarga yang berada di posisi lebih tinggi.

Banjir yang merendam rmah warga di Kelurahan Serbelawan disebabkan  sungai Pasar Bawah meluap, seiring tingginya curah hujan sejak Sabtu hingga tengah malam.

Camat Dolok Batu Nanggar, Zaenah Sembiring menyatakan saat ini ada sekitar 104 kepala keluarga (KK) atau 444 jiwa yang menjadi korban banjir dan untuk sementara sebagian besar mengungsi ke rumah-rumah kerabatnya yang tidak terkena banjir.

“Dari data  yang diperoleh di lapangan sekitar 104 KK arau 444 jiwa warga yang menjadi korban banjir di kelurahan Serbelawan,dan sebagian besar terpaksa mengungsi ke rumah-rumah kerbatnya yang tidak terkena banjir,” terang Zaenah.

Lokasi banjir terparah berada persis di pinggiran sungai, karena ketinggian air yang merendam rumah mencapai 3-4 meter. Hingga kemarin siang menururnya pemerintah kecamatan dibantu TNI dan Polri terus memberikan bantuan kepada warga untuk membersihkan rumah pasca air surut.

Wakil Bupati Simalungu Amran Sinaga juga langsung turun meninjau lokasi banjir sekaligus memberikan arahan kepada camat dam lurah untuk tidak membiarkan korban banjir kekurangan makanan. “Bupati berpesan supaya para pengungsi korban banjir tidak kekurangan makanan dan untuk tahap awal Pemkab Simalungun akan membantu 4 ton beras untuk dapur umum,” kata Amran.

Amran juga sudah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah,Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk turun membantu para korban banjir,untuk memberikan keperluan para korban seperti pelayanan kesehatan dan selimut atau bahan makanan lainnya untuk korban yang berada di penampungan sementara.(vis/mm)

Comment