oleh

Pendaftaran Peserta Melalui Aplikasi e-MTQ

Medanmerdeka.com – Mewakili Menteri Agama RI, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin mengatakan untuk pelaksanaan MTQN XXVII di Sumut kali ini, pihaknya telah melakukan inovasi terhadap proses pendaftaran dengan aplikasi e-MTQ. Untuk peserta, tercatat ada 1872 orang yang mendaftar dengan ketentuan persyaratan yang sudah diatur, dimana nama-nama tersebut diserahkan kepada Dirjen Capil Kemendagri untuk diverifikasi seluruh e-KTP masing-masing.

“Ternyata ada 36 orang yang harus dinyatakan gugur. Nanti kami akan umumkan siapa yang gugur itu untuk melakukan sanggahan kepada kami. Karena itu seremonial seperti ini penting dalam rangka launching, paling tidak logo,” lanjutnya.

Pada Pelaksanaan MTQN ini mengambil tema “MTQ Wujudkan Revolusi Mental Menuju Insan Quran”. Amin pun menekankan kepada panitia, baik pusat maupun daerah untuk mengintensifkan koordinasi dan komunikasi, baik formal, informal dan personal. Kemudian kesiapan fisik dan non fisik, transparansi anggaran dan persiapan peserta oleh masing-masing daerah.

“Saya berharap pelaksanaan ini dapat mengangkat dan memajukan syiar Islam, menuju insan Quran. Beberapa bulan ini sampai pada pelaksanaan kami ingin terlaksana dengan sebaik-baiknya,” sebut Amin yang menyampaikan rencana kehadiran Presiden RI Joko Widodo pada even skala nasional ini.

Pada kegiatan tersebut hadir sejumlah perwakilan provinsi se-Indonesia, Forkopimda, Walikota Medan  Dzulmi Eldin, Plt Kepala Kanwil Kemenag Sumut Drs H Tengku Darmansah MA, Pemkab Deli Serdang, serta para pimpinan OPD yang juga menjadi panitia pelaksana di daerah.

Setelah acara launching di Hotel Santika Dyandra, Dirjen Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Muhammadiyah Amin bersama rombongan meninjau lokasi penyelenggaraan MTQN di area Jalan  Williem Iskandar/Pancing, Deli Serdang.

Melihat pembangunan di area ini, Amin yakin Sumatera Utara siap menyelenggarakan MTQN. “Melihat perkembangan pembangunan di sini, saya yakin Sumatera Utara siap untuk menyelenggarakan MTQ Nasional XXVII. Untuk pembangunan di sini sudah mencapai 60%, sebelum bulan Oktober saya yakin ini akan selesai,” ujarnya.(amri/mm)

Komentar

News Feed