Polisi Bekuk Kurir Narkoba Jaringan Malaysia

MEDAN – Personel Kepolisian dari tim Narcotics Investigation Center (NIC) Direktorat Tindak Pidana Narkoba Mabes Polri bersama Direktokrat Reserse Narkoba Polda Sumatera Utara, membekuk dua kurir narkoba jaringan internasional di dua lokasi terpisah.

Kedu tersangka yakni berinisial SPD alias Din,41, warga Medan dan AK alias Adek,34, asal Aceh. Dari tersangka polisi menyita barang bukti sabu-sabu sejumah 134 paket.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, penangkapan pertama dilakukan terhadap SPD yang berperan sebagai kurir di Jalan Platina, Kota Medan, Kamis 31 Agustus 2017 sekitar pukul 03.00 WIB.

Dari lokasi penangkapan ini diamankan 134 paket atau bungkus narkotika jenis sabu-sabu, masing-masing diperkirakan seberat 1 Kg. Narkotika itu dibagi dalam beberapa kotak. Kotak pertama berisi 32 paket. Kotak kedua berisi 59 paket, sedangkan kotak ketiga berisi 43 paket sabu-sabu.

Dari penangkapan terhadap SPD, polisi kemudian melakukan pengembangan dan menangkap tersangka AK alias Adek di Jalan Listrik, Kota Medan pada Minggu 3 September 2017. "Tersangka ini berperan sebagai kurir dari Aceh ke Medan. Mereka merupakan bagian dari jaringan Malaysia, Aceh, Medan dan Jakarta," terang Rina.

Saat ini, sambung Rina, kedua tersangka dan barang bukti sudah diboyong ke Mapolda Sumut untuk pemeriksaan lebih lanjut. "Tersangka masih kita periksa, kita masih lakukan pengembangan atas jaringan mereka," tegas Rina. (yu)