Polres Batubara Kawal Pemulangan TKI Hingga Gedung Karantina

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis turun memantau pemulangan TKI di Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai. (Foto/Istimewa)

BATUBARA – Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis mengerahkan sejumlah personel untuk melakukan pengawalan 122 pekerja migran (TKI) yang tiba dari Malaysia. Dengan menggunakan enam bus, warga Batubara tersebut selanjutnya diisolasi di ruangan karantina SMK Negeri 1 Limapuluh.

Dijelaskan Kapolres, 122 TKI tiba menggunakan kapal Feri MV Pacific Jetstar 1 dari Port Klang Selangor Malaysia menuju Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai, Senin kemarin pukul 17.30 WIB.

“Sebelum turun, para penumpang diperiksa suhu tubuh, kemudian dinaikkan ke dalam bus yang sudah disiapkan menuju ruang isolasi karantina di Kuala Gunung,” kata Kapolres, Selasa (28/4/2020).

Dari 122 TKI, terdapat empat orang mengalami demam tinggi. Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, petugas medis Satgas Covid-19 berpakaian APD sesuai protokol kesehatan Covid-19 melakukan penanganan awal terhadap pasien untuk berangkat ke RSUD Batubara.

Kapolres berharap, para TKI yang sudah dijemput pulang dari Malaysia untuk mematuhi protokol kesehatan Covid-19 guna menjalani isolasi di gedung Karantina.

“Penjeputan TKI ini salah satu bukti tanggungjawab pemerintah dan forkopimda daerah terhadap warganya. Oleh karena itu saya berharap, jangan sia-siakan kerja keras pemerintah. Ikuti protokol kesehatan untuk isolasi selama waktu yang ditetapkan,” imbau Kapolres.

Namun begitu, sambung Kapolres sejumlah personel kepolisian juga dilibatkan dalam pengawasan di wilayah karantina guna mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.