Polres Sidimpuan Bentuk Tim Tangkal Kejahatan

Kasat Reksrim Polres Kota Padangsidimpuan, AKP Abdi Abdullah.(foto:thoriq/mm)

Kasat Reksrim Polres Kota Padangsidimpuan, AKP Abdi Abdullah.(foto:thoriq/mm)

Medanmerdeka.com – Polres Kota Padangsidimpuan membentuk tiga tim guna mengantipasi seluruh bentuk kejahatan terutama pencurian sepeda bermotor (curanmor)  di wilayah Kota Salak itu.

Kasat Reskrim Polres Kota Padangsidimpuan, AKP Abdi Abdullah mengatakan, pihaknya sudah membagi tiga zona dalam rangka mengantisipasi kejahatan.

Untuk zona kota dan Kecamatan Hutaimbaru  akan ditugaskan Opsnal Reskrim Polres. Selanjutnya, Silandit-Batunadua, ditugaskan Satuan tugas (Satgas) Patroli motor khusus (Patmorsus) dan wilayah Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, ditugaskan  tim khusus (timsus).

“Ketiga tim ini akan berpatroli di wilayah masing-masing tanpa diketahaui,”ujarnya kepada wartawan ketika ditemui.

Khusus untuk curanmor, pihaknya akan bekerjasama dengan Bhabinkamtibmas, Kasat Bhimas agar mereka membantu sosialisasi untuk pencegahan curanmor di wilayah masing-masing.”Jadi Kasat Bhimas akan membantu sosialisasi,”tuturnya.

Lebih lanjut Abdi mengatakan, beberapa kasus curanmor di Padangsidimpuan terjadi akibat kelalaian dari pemilik kendaraan seperti, lupa mengambil kunci, sehingga pelaku dengan mudah membawa kendaraan itu.

”Kasus yang sering kami tangani karena kelalaian pemilik,”katanya. Laki-laki yang pernah menjabat Kapolsek Batunadua itu meminta agar pemilik kendaraan untuk meningkatkan kewaspadaannya. Apaila hendak meninggalkan kendaraan harus dipastikan apakah kunci sudah aman.

“Untuk mencuri kendaraan, para pelaku hanya membutuhkan waktu hitungan detik, bukan menit apalagi jam, sehingga para pemilik harus meningkatkan kewaspadaanya,”tandasnya.

Kendala yang dihadapi oleh pihak kepolisian selama ini karena, pemilik kendaraan yang menjadi korban pencurian tidak langsung membuat laporan kepada pihak kepolisian apabila terjadi pencurian.  Harusnya, ketika sudah diketahaui terjadi pencurian, maka pemilik harus membuat laporan.(thoriq/mm)

Comment