oleh

PSBD Positif Terhadap Pengembangan Pariwisata & Ekonomi Batubara

Medanmerdeka.com – Ketua Forum Komunikasi Antar Etnis, Muhammad Rafiq mengatakan, perhelatan Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD) yang dilaksanakan oleh organisasi yang dipimpinnya itu, secara jelas punya dampak positif tersendiri terhadap pengembangan sektor pariwisata sekaligus perekonomian di Batubara.

“Jadi setiap kita ada even PSBD, banyak menguntungkan masyarakat, selain menguntungkan budaya dan pariwisata dengan datangnya orang luar daerah, perekonomian daerah juga dapat bangkit” Kata Rafiq, di Airputih (2/8/2018)

Soal peluang peningkatan perekonomian itu, menurut dia, paling tidak, dapat dilihat dengan relatif ramainya bazar pada setiap pegelaran pekan budaya, dimana warga dapat memasarkan beragam barang dagangan yang dimiliki selama sekira dua pekan PSBD berlangsung.

“Kedepannya, Dinas Koperasi dan Perdagangan perlu lebih jeli memanfaatkan perhelatan ini. Selain pariwisata, produk-produk unggulan bisa dipamerkan. Untuk itu, nantinya perlu ada tempat yang kita buat untuk tampilkan hasil produksi unggulan,” Lanjut Rafiq yang juga Ketua DPC Partai Gerindra itu.

Yang juga penting menurut dia, Zahir yang akan memimpin daerah dalam periode 2019-2023 nantinya, diharapkan juga punya perhatian khusus terhadap kontinuitas dan perbaikan performa PSBD. Pemkab,”tuturnya, penting untuk mengalokasikan anggaran khusus bagi pekan seni budaya,yang merupakan even dua tahunan tersebut.

Selain itu, papar Rafiq, yang patut untuk dipertimbangkan oleh kepala daerah adalah kemungkinan untuk membangun semacam kompleks rumah adat daerah, sehingga dapat menjadi miniatur Batubara.

Selanjutnya, Muhammad Rafiq, menerangkan, panitia saat ini tengah mempersiapkan jadwal kegiatan berupa penampilan seni budaya bagi sekira 12 etnis yang terdata di daerah itu.

Direncanakan, seremoni pembukaan bakal dilaksanakan pada 6 Oktober dan berakhir pada 23 Oktober.

“Setiap malam diisi pagelaran etnis, kecuali malam Jumat,” terangnya. Selain itu, yang juga akan menjadi salah atu agenda utama, adalah pergelaran tepung tawar bagi pasangan kepala daerah yang baru terpilih pada Pilkada, Zahir-Oky Iqbal Frima, serta pasangan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang memenangkan Pilgubsu.

”Upah-upah atau tepung tawar itu menunjukkan rasa syukur kita bahwasanya pilkada serentak dapat berjalan lancar dan aman” Sebutnya.(indra/mm)

Komentar

News Feed