PTPN III Salurkan Dana Kemitraan Pada 32 Mitra Binaan

Penyerahan dilakukan SEVP SDM dan Umum PTPN III (Persero), Ahmad Gusmar Harahap yang didampingi oleh Kepala Bagian PKBL, Unang Kuswono Manajer KANAS dan KANAU kepada 17 mitrabinaan baru dan 15 mitra binaan lanjutan Kamis (18/10/2018).(foto: Ist/MM)

Medanmerdeka.com - Sebanyak 32 mitrabinaan memperoleh modal usaha dari PTPN III (Persero), Kamis (18/10/2018), di aula Kebun Aek Nabara Utara, Distrik Labuhanbatu III. Penyaluran dana Mitra Binaan tersebut merupakan program KemitraanTriwulan III Tahun 2018.

Penyerahan dilakukan SEVP SDM dan Umum PTPN III (Persero), Ahmad Gusmar Harahap yang didampingi oleh Kepala Bagian PKBL, Unang Kuswono Manajer KANAS dan KANAU kepada 17 mitrabinaan baru dan 15 mitra binaan lanjutan.

Mitra binaan baru pada triwulan ketiga adalah UMKM yang berdasarkan survey dan penilaian yang dilakukan oleh tim dari bagian PKBL.  Para pengusaha kecil dan menengah yang dinilai tersebut kemudian dianggap mampu dan bias mengembangkan sector usahanya.

Gusmar Harahap dalam sambutannya mengatakan, kepada para mitra binaan bahwa pada prinsipnya pinjaman hanya bias diberikan sebanyak tiga kali kepada mitrabinaan yang sama dan total pinjaman tertinggi sebanyak Rp 200 juta dengan harapan agar usaha para mitra binaan yang terdiri dari UMKM bias berhasil dan menjadi mandiri.

Total dana kemitraan yang disalurkan pada periode ini mencapai Rp 1,035 miliar untuk mitrabinaan yang berada di sekitar wilayah kerja di DLAB1, DLAB2 dan DLAB3, meliputi Kabupaten Labuhanbatu, Labura, Labusel dan Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Untuk meningkatkan kompetensi dalam berwirausaha, para mitrabinaan juga diberikan pelatihan dan pengarahan selama 2 hari.

“Pelatihan ini diharapkan bias meningkatkan pengetahuan pengelolaan keuangan dan kompetensi mitrabinaan dalam berwirausaha sehingga bias mampu bersaing di pasaran,”imbuhGusmar.

Ahmad Gusmar Harahap, SEVP SDM dan Umum PTPN III mengharapkan usaha yang dikelola para mitrabinaan dapat meningkat lebih baik dan menyicil angsuran secara tepatwaktu.  Ia juga mengingatkan bahwa bila kedapatan para penerima pinjaman dana bergulir ini memberikan tips kepada para petugas akan dikenai tindakan khusus kepada kedua belahpihak.

Dalam rangka menanggulangi risiko, PTPN III bekerjasama dengan PT Asuransi Jasa Tania, Tbk di Medan untuk mengikuti program asuransi jiwa.  Untuk jaminan agunan dari para mitrabinaan keperusahaan, maka digunakan jasa notarismelalui Kantor Notaris DodySafnul, SH.(am/mm)

Penulis:

Baca Juga