oleh

Simalungun Harus Siapkan Rp157 Miliar Bayar Hutang Pihak Ketiga

Medanmerdeka.com –  Pemkab Simalungun harus menyiapkan anggaran sekitar Rp 157 miliar tahun 2018 ini ,untuk membayar hutang kepada pihak ketiga.

Informasi yang diperoleh hutang yang harus dibayarkan Pemkab Simalungun tersebut merupakan kewajiban jangka pendek sesuai hasil temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang terdiri dari,hutang kepada rekanan tahun 2017 yang mencapai Rp 100 miliar lebih, dan pembayaran tunggakan rapel kenaikan gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum dibayarkan sejak tahun 2015 hingga 2017, serta hutang kepada pihak ketiga lainnya yang mencapai Rp157 miliar.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Simalungun,Dadang Pramono mengatakan,besarnya kewajiban jangka pendek yang harus dibayarkan Pemkab Simalungun tahun 2018 disebabkan tidak seimbangnya antara pendapatan daerah dengan perencanaan program pembangunan daerah yang akan dilaksanakan sejak 2 tahun belakangan ini.

“Hasil temuan BPK itu merupakan dampak tidak seimbangnya pendapatan dengan program pembangunan daerah khususnya yang berkaitan dengan proyek-proyek infrastruktur,” sebut Dadang.

Seharusnya menurut politisi  Partai Demokrat itu Pemkab Simalungun merencanakan program pembangunan daerah sesuai dengan potensi pendapatan daerah. “Selama ini program pembangunan daerah anggaran yang dibutuhkan selalu lebih besar dari realisasi pendapatan,sehingga tidak mampu membayar kegiatan yang sudah dilaksanakan,” ujar Dadang.

Dadang berharap ke depan Pemkab Simalungun dalam menyusun program pembanguban daerah disesuaikan dengan ketersediaan anggaran atau pendapatan daerah.

Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah dan Aset Jhon Suka Jaya yang dikonfirmasi melalui telepon tidak bersedia memberikan tanggapan terkait hutang pemerintah daerah yang harus dibayarkan meskipun berulang kali dihubungi.

Sedangkan Asisten III Setda Pemkab Simalungun yang membidangi keuangan,Sudiahman Saragih mengatakan informasi besaran hutang pemerintah daerah yang harus dibayarkan salah. “Salah itu ,saya lagi nyetir mau ke kantor,”  tegas Sudiahman(htp/mm)

Komentar

News Feed