Solahuddin : Karang Taruna Mesin Penggerak Sosial

Medanmerdeka.com – Karang Taruna merupakan komunitas dimana tempat generasi muda menumbuhkembangkan kesadaran dan tanggungjawab sosialnya di lingkungan masyarakat.

Hal ini ditegaskan Ketua Karang Taruna (KT) Provinsi Sumatera Utara, H Solahuddin Nasution SE MSI ketika melakukan kunjungan kerja Konsolidasi Organisasi dan Peningkatan Program Kerja di Padangsidimpuan, Senin kemarin (22/10/2018).

Dikatakan Solahuddin, keberadaan Karang Taruna harus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas. “Jadilah mesin penggerak kesejahteraan sosial di desa/kelurahan masing-masing,” tegasnya dalam pertemuan di Desa Singali Kecamatan Sidimpuan Hutaimbaru.

Pada kesempatan itu, Solahuddin Nasution didamping Wakil Ketua KT Sumut Lutfi Faizalsyah Lubis kembali menekankan agar berbagai program kegiatan Karang Taruna ke depannya ditingkatkan lagi, terutama di bidang sosial dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang mendatangkan manfaat bagi para pengurus dan masyarakat luas.

“Bangun dan jalin kemitraan yang baik antara Karang Taruna di setiap jenjang dengan pemerintahan dan pihak ketiga lainnya,” ungkap calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Sumatera Utara, ini.

Sambung Solahuddin Nasution, Karang Taruna harus senantiasa aktif dalam membantu program kerja pemerintah di level berjenjang. Karang taruna dituntut proaktif dalam mengikuti kegiatan pemerintah, khususnya di bidang kesejahteraan sosial, baik diminta ataupun tidak diminta.

“Ketika generasi muda telah disibukkan dengan beragam aktivitas positif di derahnya masing-masing, maka pemuda bukan lagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), tapi justru menjadi agen kesejahteraan sosial yang mampu membawa perubahan dalam peningkatan taraf perekonomian masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Kota Padangsidimpuan Ammar Ghozali dalam sambutannya mengaku kagum dengan sosok seorang Solahuddin Nasution, “Beliau begitu gigih dalam menempa dan membangun pemuda yang berkarakter, demi terciptanya generasi muda mandiri, ulet, dalam bingkai berjiwa sosialis,” ujarnya.

Ammar menyebut, mengingat Bung Solahuddin ikut dalam kontestasi politik tahun depan, maka apabila nantinya diberikan amanah menduduki kursi DPD RI agar supaya mendorong serta menguatkan eksistensi Karang Taruna di seluruh tanah air. “Saya optimis apabila beliau terpilih, akan lebih mendongkrak kegiatan kepemudaan,” ungkapnya.

Pantauan medanmerdeka.com di lokasi, selain dihadiri  pengurus Karang Taruna kota, kecamatan, dan desa/kelurahan se Kota Padangsidimpuan, kegiatan tersebut juga diikuti sejumlah mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara (FKM-USU).(anwar/mm)

Comment