oleh

Tahun Baru Islam, Tradisi Bersih Desa Diwarnai Pawai Obor

Medanmerdeka.com – Tradisi kegiatan Bersih Desa pada Tahun Baru Islam Muharram 1440 Hijriah oleh masyarakat Desa Bandar Khalifa Kecamatan Percut Sei Tuan berlangsung meriah diwarnai pawai obor lima ratusan warga Muslim mengelilingi Desa Bandar Khalifa yang diawali pembacaan Ayat Suci Al Quran, Doa bersama.

Selanjutnya penyerahan hadiah lomba tahtim, lomba masak, santuanan kepada 236 anak yatim, hiburan musik religi serta tausiyah oleh Al Ustadz H Irfan Yusuf yang dipusatkan di Lapangan bolakaki Desa Bandar Khalifah, Kamis (20/9/2018) malam.

“Kegiatan tradisi bersih Desa pada setiap Tahun baru Islam di desa ini sudah menjadi kegiatan tahunan yaitu gebyar Muharram dengan menggelar berbagai kegiatan sosial dan perlombaan,” kata Kepala Desa Bandar Khalifah Suparyo didampingi Ketua Panitia Herianto.

Pelaksanaannya dimulai sejak 1 Muharram, selain melakukan kegiatan perlombaan dan kegiatan sosial juga dilaksanakan kenduri memotong seekor kerbau guna meningkatkan silaturahmi dan memperkokoh rasa kebersamaan untuk membangun Desa dengan bersama-sama menggali kearifan lokal, budaya bangsa dan ukhuah Islamiyah, sehingga Desa ini dari tahun ketahun semakin meningkat dan maju.

Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan dihadapan 3.000-an umat Muslim mengapresiasi atas inisiasinya menyelenggarakan kegiatan bersih Desa dalam perayaan Muharram 1440 ini yang sesungguhnya peringatan Tahun baru Islam ini merupakan momentum bersama untuk mengintropeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik sebagaimana yang diteladankan oleh Rasulullah SAW.

“Karenanya wajarlah dalam merayakan 1 Muharram 1440 Hijriah ini disambut dengan penuh kegembiraan dan antusias seperti penyelenggaraan kegiatan Bersih Desa ini. Karena dipercaya banyak keistimewaan yang tersirat di dalamnya disamping rasa syukur kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa atas limpahan rahmat yang telah diberikannya kepada kita sekaligus untuk mempererat hubungan silaturrahmi kekeluargaan dan kegotong-royongan yang merupakan nilai-nilai luhur bangsa kita dan harus dipertahankan,” ujarnya.

Sementara Al Ustadz, Irfan Yusuf dalam tausiyahnya mengingatkan melalui momen Tahun baru Muharram 1440 Hijriah ini hendaknya seluruh Umat Muslim untuk berhijrah kepada yang lebih baik, karena sebaik-baik manusia, semakin bertambah umurnya semakin baik pula tingkah lakunya. “Semoga kita tergolong orang-orang yang beriman, karena orang-orang yang beriman mulia hidupnya dan bermanfaat bagi orang lain,” ungkapnya. (ardy/mm)

Komentar

News Feed