Tangkal Radikalisme dengan 4 Pilar Kebangsaan

TANGKAL : Anggota MPR/DPR RI dr Sofyan Tan mengajak guru dan siswa SMA Negeri 17 Medan ikut aktif menangkal tumbuhnya paham radikalisme yang dapat merongrong keutuhan bangsa
TANGKAL : Anggota MPR/DPR RI dr Sofyan Tan mengajak guru dan siswa SMA Negeri 17 Medan ikut aktif menangkal tumbuhnya paham radikalisme yang dapat merongrong keutuhan bangsa

MEDAN – Anggota MPR/DPR RI dr Sofyan Tan mengajak guru dan siswa SMA Negeri 17 Medan ikut aktif menangkal tumbuhnya paham radikalisme yang dapat merongrong keutuhan bangsa.

Empat Pilar Kebangsaan sebagai jati diri bangsa, yakni Pancasila dasar dan ideologi negara, UUD 1945 konstitusi negara serta Ketetapan MPR, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. “Tidak bisa ditawar-tawar. Ini sudah final dan menjadi Ketetapan MPR,” kata anggota Fraksi PDI Perjuangan itu saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 17, Medan, Senin (21/8/17).

Benih radikalisme dapat diantisipasi sejak dini, dimulai dari bangku sekolah. Menjadi tugas bersama dalam memberikan pemahaman yang utuh tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Generasi emas Indonesia akan terwujud pada 2045 di saat merayakan kemerdekaan yang ke-100. Jika diasumsikan siswa SMA yang ada saat ini berusia 15-17 tahun, maka 28 tahun yang akan datang siswa yang saat ini duduk di bangsu sekolah akan menjadi generasi pemimpin bangsa,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurutnya menyadari betul pentingnya mempersiapkan generasi emas sedini mungkin. Karena itu pula beragam kebijakan sudah berjalan dan dipersiapkan secara matang. “Indonesia akan menjadi negara terkaya nomor lima di dunia di saat masa emas generasi Indonesia,” kata Anggota Komisi X DPR RI itu.

Pengamat sosial politik Taufan Agung Ginting yang menjadi pembicara pendamping menyebutkan, 4 Pilar Kebangsaan wajib dipahami dan dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Berbeda dengan program P4 pada masa orde baru, 4 Pilar Kebangsaan lebih menawarkan hal-hal yang aplikatif dalam kehidupan berbangsa.

Kepala Sekolah SMA Negeri 17 Medan Soagahon Simanungkalit SH mengapresiasi perhatian Anggota MPR/DPR Ri dr Sofyan Tan yang sudah beberapa kali berkunjung ke sekolah. Jika sebelumnya aktif memfasilitasi bantuan-bantuan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan, kini melaksanakan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 17 Medan. “Kami merasa mendapat perhatian lebih. Tumbuh semangat baru bagi kami untuk lebih memajukan sekolah,” kata Simanungkalit. (rel/oke)