Tapal Batas Sumut – Riau Rampung 2018

MEDAN – Kementerian Dalam Negeri menargetkan permasalahan tapal batas Kabupaten Padanglawas, Sumatera Utara dengan Kabupaten Rokan Hulu, Riau segera rampung tahun 2018 mendatang. Hal ini dipastikan setelah kedua gubernur provinsi melakukan pertemuan.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Umum Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sumut, Saiful Bahri Siregar mengatakan, Pemprov Sumut sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat di perbatasan untuk kesiapan masyarakat ketika putusan tapal batas dikeluarkan Mendagri.  Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya lagi bentrokan antarwarga atau sengketa lainnya.

"Kedua provinsi menunggu keputusan Mendagri dan ini sangat ditunggu untuk menghindari terjadinya perselisihan dan juga untuk pengembangan ekonomi kawasan Padanglawas  termasuk menyangkut pemekaran di kabupaten,” terangnya.

Seperti diketahui, di perbatasan tersebut juga sudah berdiri perusahaan perkebunan PT Mazuma Agro Indonesia. Untuk itu, Gubsu mengajukan batas kawasan Padanglawas ke Kemendagri, seperti yang juga dilakukan Pemprov Riau, ada pembentukan Tim Penentuan Tapal Batas tingkat desa dan kecamatan yang melibatkan pihak terkait. "Mudah-mudah kasus tapal batas Riau dan Sumut itu segera selesai agar Pemkab Padanglawas dan Pemprov Sumut bisa lebih konsentrasi membangun daerah itu," katanya. (uja)