Tidak memiliki Izin Tenaga Kerja, Dua Warga RRC Diamankan Imigrasi

BELAWAN - Dua pekerja asing asal RRC berhasil di amankan Tim Inteldakim Imigrasi Kelas II TPI Belawan.

Keduanya diamankan di Desa Cinta Rakyat Dusun X Jalan Turnamen Joyo Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, tepatnya di gudang Walet yang sedang dibangun. Rabu, 06/11/2019.

Kedua warga negara asing asal RRC diamankan karena tidak memiliki dokumen lengkap sebagai tenaga kerja asing (TKA) dari instansi terkait.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan Samuel Toba mengatakan kedua warga RRC ini diamankan Kasi Inteldakim M Rio Andri Reza dengan team di salah satu perusahaan di bidang burung walet, karena tidak memiliki dokumen lengkap sebagai tenaga kerja asing (TKA) dari instansi terkait.

Keduanya masuk Indonesia menggunakan visa wisata, bukan visa bekerja dan kita akan memeriksa secara lengkap apa mereka berdua bekerja atau tidak.

Keduanya WNA yang diamankan Lim Canggeng dan Ma Yuebing pihak imigrasi untuk diambil keterangan.

Penangkapan dipimpin Rio selaku Kasi Inteldakim Imigrasi Kelas II Belawan bersama Babinsa Desa Cinta Rakyat Koramil 13/PST Sertu Sunarto disaksikan Kades Cinta Rakyat Suhendro, ST, Kadus X Nurman dan tokoh masyarakat (Tomas) Bundes.

“Keduanya sebagai pekerja teknik yang sedang melaksanakan aktivitas dan sebelumnya seminggu lalu sudah pernah disurati oleh pihak imigrasi Belawan namun belum ditanggapi, sehingga pihak Imigrasi didampingi Babinsa kita melalui komunikasi berhasil amankan keduanya," ujarnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan ini juga berterimakasih kepada team yang sudah bekerja dilapangan dengan baik.

Penulis: Awal Yatim
Editor: Redaksi

Baca Juga