Tiga Kawanan Begal Diringkus

MEDAN – Satreskrim Polsekta Medan Timur bekerjasama dengan Polrestabes Medan, membekuk tiga kawanan begal dan pencuri sepeda motor di sejulah lokasi terpisah.

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, didampingi Kapolsek Medan Timur, Medan Timur, Kompol M. Arifin mengatakan, para pelaku kini sudah diamankan dan masih dalam pengembangan dalam sejumlah kasus kejahatan.

Pelaku pertama dibekuk Ipan Ardiansyah alias Gopal (24) warga Perwira, Kelurahan Pulo Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur. Pemuda ini dibekuk di di Jalan Pancing, Senin (15/7) sekira jam 11.45 WIB.

Pengembangan kemudian berlanjut dengan diringkusnya Muhammad Ferdiansyah alias Popoy (17), warga Jalan Mabar, Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli. Dari tangan pelaku, petugas menyita 1 pisau, 1 kunci L, Obeng dan kunci kontak sepeda motor.

Dari keterangan keduanya, sambung Kapolres, petugas meringkuk tersangka Sopan Yohansyah alias Yoyo (21), warga Jalan Pelopor Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli.

Modus perampokan yang dilakukan komplotan ini, sambung Kapolres yaitu dengan berpura-pura nongkrong di tepi jalan. “Mereka mengintai korban di pinggir jalanan yang sepi. Setelah dilihat korbannya tepat dan suasana jalan sepi, pelaku langsung membegal korban dan membawa kendaraan kabur,” jelasnya.

Selain itu, komplotan ini juga keliling mengincar sepeda motor yang di parkir di teras rumah. Begitu pemilik rumah lengah, lanjutnya, salah satu pelaku turun membobol kunci sepeda motor dengan kunci T dengan paksa, lalu membawanya kabur.

Terakhir, lanjut Kapolsek Medan Timur, komplotan ini membegal Ratna Delima Naibaho (48), warga Jalan Purwosari, Kecamatan Medan Timur. Perempuan yang berprofesi sebagai pedagang ini dibekal ketika melintas di Jalan Perekebunan, Medan Timur, pada Selasa (25/6) sekira jam 06.30 WIB.

Kesadisan pelaku mengakibatkan Ratna, tersungkur di badan jalan sehingga terluka.Sedangkan sepeda motornya Vario BK 4092 AIC, dibawa kabur.

"Korban terluka para dan harus rawat inap di RS Imelda Medan. Dari pengakuan tersangka mereka menjual barang hasil curiannya," papar Kompol M Arifin.

Dari catatan kepolisian, lanjut Kompol M Arifin, komplotan ini sudah berkali-kali melakukan kejahatan, Jalan Perkebunan, Jalan Purwosari, Jalan Perwira II, Jalan Karakatau Ujung. “Kasus ini masih kita dalami, termasuk pengakuan para pelaku dan tempat penjualan barang bukti,” tegasnya.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga