Tuan Guru Batak: Membangun Kerukunan Itu Perintah Agama

LABUHANBATU - Tuan Guru Batak (TGB) Syekh Dr Ahmad elRahmaniy Rajagukguk MA menyampaikan tausiah kebangsaan dihadapan para tokoh dan alim Ulama di Markas Kodim 0209 Labuhanbatu, Jumat (8/2/2019).

Dalam tausiahnya, TGB menegaskan bahwa menciptakan suasana rukun dan damai di setiap keadaan, baik di dalam masyarakat dan berbangsa merupakan bagian dari perintah ajaran agama. TGB yang merupakan pimpinan Persulukan dan Pengasuh Rumah Sufi di Kota Medan itu menegaskan ukuran kesolehan seseorang dapat dilihat dari kemampuannya dan keberadaannya dalam menyemai benih benih kasih sayang persaudaraan dan membangun saling hormat menghormati antar sesama elemen bangsa.

Menurutnya, mencintai negeri dan membangun rasa aman dan perdamaian di dalamnya adalah bagian dari keberimanan. Oleh karenanya sangat bertentangan jika seseorang yang mengaku beriman tetapi menimbulkan perkataan dan ujaran yang meresahkan di tengah masyarakat. "Implikasi Iman dan Islam yang benar adalah sikap diri yang memberi raya aman dan keselamatan terhadap lingkungan masyarakat dan bangsa," ujarnya.

TGB juga menegaskan bahwa pembangunan Masjid harus sejalan dengan pembangunan spiritualitas umat dan pembentukan karakter dan wajah keberislaman. "Bahwa ciri dan wajah keberislaman Indonesia sejak dari dulu dikenal dengan Islam yang ramah, sejuk, rukun, damai dan penuh toleran," ungkapnya.

Bahkan menurut TGB, model keberislaman Indonesia merupakan rujukan, referensi dan literasi wajah keberislaman dunia. Sebab umat Islam Indonesia merupakan populasi terbesar umat islam seluruh dunia. "Oleh karenanya ke-Islaman dan keindonesiaan harus sejalan dalam rangka menyatukan dan membumikan nilai nilai rahmatallil alamin," tuturnya.

Tausiah kebangsaan ini dirangkai dengan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Baitul Hikmah di Markas Kodim 0209 Labuhanbatu. Dalam acara, hadir Dandim 0209 Labuhantu Letkol Santoso, Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte ST MT, mewakili Bupati Labura dan Bupati Labusel, mewakili Kapolres, Kepala Kejari, Ketua Pengadilan Agama, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua MUI, para alim ulama, ormas, sejumlah tokoh dan aktivis. (may)

Penulis: May
Editor: Mauza

Baca Juga