Walkot Larang ASN Bawa Mobil Dinas ke Mal

Medanmerdeka.com – Wali Kota Tebing Tinggi, H.Umar Zunaidi Hasibuan mengingatkan ASN agar kendaraan dinas dipergunakan untuk kepentingan dinas/negara, bukan kepentingan pribadi.

“Rawat dan pergunakan kendaraan dinas untuk keperluan dinas, bukan pribadi. Saya tidak mau melihat, kendaraan dinas Pemko Tebing Tinggi parkir di mal-mal di Kota Medan,” pungkas Wali Kota memeriksa kendaraan dinas saat apel gabungan di Lapangan Merdeka, Tebing Tinggi, Senin (11/12).

Di hadapan pimpinan OPD se-Kota Tebing Tinggi, Umar Zunaidi mengatakan bahwa semenjak dibangunnya jalan tol Medan-Tebing Tinggi, kendaraan-kendaraan Pemko Tebing Tinggi “mejeng” di sejumlah mal.

“Mulai sekarang, saya tidak mau setiap liburan melihat kendaraan dinas berada seliweran di mal-mal. Saya saja tidak pernah, kalau mau urusan pribadi saya gunakan mobil pribadi, bukan kedaraan dinas dan kendaraan dinas hanya untuk dinas,” tegasnya.

Disamping itu, wali kota juga mengingatkan pengguna kendaraan dinas harus merawat dan menjaga kendaraan tersebut sebaik-baiknya, termasuk juga retribusi pajak kendaraan yang wajib dibayarkan setiap tahun. “Saya instruksikan pengelola aset untuk mengevaluasi semua pengguna kendaraan, kendaraan yang diterima baik, jika dipulangkan juga harus baik. Jangan yang dipulangkan hanya rodanya saja,” katanya.

Evaluasi harus terus menerus dilakukan, kinerja ASN harus ditingkatkan dan ingat kenderaan dinas bukan untuk gagah-gagahan. Sebelumnya, Kepala BPKPAD Jeffri Sembiring mengatakan,  Pemko Tebing Tinggi memiliki kendaraan roda 4 sebanyak 210 dan roda 2 sebanyak 693 unit dan semuanya akan didata selama seminggu secara bergiliran sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.(oke/mm)