oleh

Warga Medan Minta Pembayaran BPJS Digratiskan

Medanmerdeka.com – Menurunnya kondisi perekonomian belakangan ini sangat dirasakan warga Medan, imbasnya warga tak lagi sanggup membayar iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mandiri yang selama ini dibayar mereka.

Ini curhat yang disampaikan sejumlah warga Medan saat Reses II Tahun 2018, Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H.Asmui Lubis S.Pd.I di Jalan Japaris, Kecamatan Medan Area, baru-baru ini.

“Pak Asmui, sudah setahun ini saya tak sanggup bayar iuran BPJS, saya mau berhenti dan minta BPJS gratis,” ucap Debby Anggraini Warga jalan Puri.

Debby meminta DPRD Medan bisa menjembatani warga yang tidak mampu membayar BPJS untuk mendapatkan BPJS gratis.”Kami semua berharap tunggakan BPJS kami bisa dihapuskan,” pintanya.

Begitu juga dengan Rosidah, warga Jalan Sutrisno mengaku belum memiliki BPJS, bahkan tetangganya banyak juga yang belum memiliki BPJS karena terpikir beratnya bayar uang iuran.”Kami juga mohon informasinya soal BPJS karena kami belum memiliki BPJS,” ucapnya.

Prihatin

Mendengar curhat warga ini, Anggota DPRD Medan H.Asmui Lubis mengaku prihatin bangak warga yang tak lagi sanggup membayar iuran BPJS karena harus memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

“Menurut aturan, tunggakan itu memang harus dibayar atau ditutup baru diajukan menjadi BPJS gratis,” ucap Asmui.

Namun pihaknya akan coba menjembatani, agar masyarakat benar benar mendapatkan apa yang menjadi keluhannya.

“Saya sarankan ibu membuat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) di kelurahan, kita akan upayakan agar keluhan ibu-ibu bisa ditampung,” jelasnya.

Asmui juga mengatakan, persoalan BPJS memang menjadi masalah dari tahun ke tahun. DPRD sendiri sudah mendorong Pemko Medan agar bisa mengcover masyarakat yang tidak mampu melalui APBD dan tahun 2018 ini sudah berhadil di anggarkan lebih dari 20 miliar.

“Karena kuota terbatas kita juga mendorong agar kekurangannya bisa diajukan di PAPBD2018 atau APBD 2019 mendatang,” terangnya.(am/mm)

Komentar

News Feed