Atlet Maraton Sumut Raih Emas di Porwil X Bengkulu

BENGKULU - Usai memberikan dukungan kepada tim volly putra Sumatera Utara (Sumut), Jumat (8/11/2019) dini hari, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga kembali memberikan dukungan dan menyaksikan atlet Sumut bernama Firton Lumbantoruan yang bertanding pada cabang olahraga (cabor) Atletik lari 42 km atau kategori maraton.

Berlangsung Jumat (8/11/2019) pagi, di kawasan Sport Center Pantai Panjang, Jalan Pariwisata, Kota Bengkulu, Firton Lumbantouruan berhasil finis pertama dan meraih medali emas, dengan catatan waktu 2 jam 46 menit. Disusul atlet dari Provinsi Jambi di posisi kedua dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) di posisi ketiga.

Didampingi Ketua KONI Provinsi Bengkulu Mufron Imron, Gubernur Edy Rahmayadi memperoleh kehormatan untuk menyerahkan langsung dan mengalungkan medali kepada para pemenang. Menyalami para pemenang, Edy pun mengucapkan selamat. "Selamat untuk kerja keras kalian, kalian hebat," pujinya.

Usai penyerahan medali, Edy Rahmayadi bersama Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumut Baharuddin Siagian dan Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, kemudian bertemu dan berbincang dengan Firton Lumbantoruan yang juga merupakan prajurit Raider 100. "Selamat ya, kamu telah membuat bangga masyarakat Sumut. Evaluasi diri lagi secara terus menerus, sehingga bisa improve saat mengikuti PON nantinya" ucapnya.

Perolehan waktu yang diraih Firton yakni 2 jam 46 menit, menurut Edy, masih memerlukan evaluasi dan mengejar target PON yakni 2 jam 40 menit untuk cabor atletik lari 42 km atau maraton. "Tapi saat ini dia lah yang tercepat, kedepan ya harus dikejar dan dipenuhi target PON itu," ungkapnya.

Firton Lumbantoruan pun mengucapkan terima kasih atas dukungan yang ia terima, khususnya oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. "Ada perasaan bangga saat disaksikan langsung oleh Gubernur, dan saya merasa terhormat bisa memenangkan emas untuk Sumut," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Koni Sumut John Ismadi Lubis saat diwawancarai perihal situasi dan kondisi kontingen Sumut secara keseluruhan pada Porwil X Bengkulu, menyebut bahwa seluruh kontingen berusaha maksimal untuk menampilkan yang terbaik.

"Hanya saja, ada kondisi-kondisi teknis di luar kendali kita yang mungkin sedikit mengecewakan. Termasuk kejadian volly tadi malam, pertandingan dini hari dan nanti malam harus bertanding lagi untuk final jam 8 malam. Tentu kita mengkhawatirkan stamina atlet kita," ujarnya.

Secara umum, kata John, saat ini Sumut telah memperoleh 17 medali emas dan berada di peringkat tiga secara keseluruhan. "Masih banyak hasil yang akan keluar lewat pertandingan final, termasuk hari ini ada 6 final tinju, kita harapkan yang terbaik. Mudah-mudahan perolehan emas kita akan terus bertambah," harapnya.

Penulis: Ahmad Rizal
Editor: Redaksi

Baca Juga