Gala Catur Emas Road to Master 2019 Labuhan Batu Mulai

Gala Catur Emas Road to Master 2019 Seri Ketiga resmi dibuka di Lapangan Parkir Stadion Sepakbola Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, akhir pekan kemarin.(Foto:MEDANmerdeka/Ist)

LABUHAN BATU - Gala Catur Emas Road to Master 2019 Seri Ketiga resmi dibuka di Lapangan Parkir Stadion Sepakbola Rantau Prapat, Kabupaten Labuhan Batu, akhir pekan kemarin.

Kejuaraan yang bertujuan menciptakan pecatur-pecatur andal ini, dibuka Plt Bupati Labuhan Batu, H Andi Suhaimi diwakili Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisporabudpar) Labuhan Batu, Ade Huzaini.

"Kita sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, khususnya Ketua Percasi Labuhan Batu dan pihak terkait lainnya," kata Ade Huzaini.

Sebagaimana yang diiginkan Plt Bupati Labuhan Batu, sambung Ade, kejuaraan ini diharapkan melahirkan pecatur-pecatur handal dari Kabupaten Labuhan Batu.

Ke depan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhan Batu telah menyiapkan upaya untuk mengembangkan potensi olahraga catur, dengan membina klub-klub dan mendirikan sekolah-sekolah catur bagi pelajar.

"Kita ketahui olahraga catur ini adalah olahraga yang benar-benar menggunakan logika berfikir. Sehingga, bisa menjadi sarana memacu perkembangan berfikir bagi pelajar," tambahnya.

Ade pun menjelaskan, catur merupakan olahraga yang sangat praktis. Olahraga ini bisa dimainkan di mana saja, tanpa memerlukan biaya yang besar.

"Kita meminta kepada seluruh penggemar, pegiat dan pelaku olahraga catur ini bisa bersama memberikan andil dalam memajukan olahraga catur di daerah yang kita cintai ini," harapnya lagi.

Ade secara khusus juga menyampaikan ucapan terima kasih Plt Bupati kepada atlet catur Labuhan Batu yang sudah menyumbangkan medali emas dalam Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Poprovsu) 2019. Plt Bupati berharap prestasi tersebut bisa dipertahankan dan ditingkatkan lagi.

Plt Bupati Labuhan Batu, H Andi Suhaimi diketahui tengah menjalankan beragam program strategis untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), terutama generasi muda.

Bermodalkan generasi muda dengan SDM unggul, dia meyakini segala potensi sumber daya alam (SDA) dapat dimaksimalkan untuk kemajuan kabupaten yang telah memekarkan Labuhan Batu Utara (Labura) dan Labuhan Batu Selatan (Labusel) ini.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Ade mengatakan pengembangan sarana dan prasarana olahraga merupakan bagian dari program strategis Plt Bupati dalam upaya peningkatan kualitas SDM. Karenanya, Pemkab Labuhan Batu akan terus berupaya menjadi tuan rumah atas kegiatan olahraga berskala provinsi maupun nasional.

Di sisi lain, Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Percasi Labuhan Batu, M Rispan SH menjelaskan Gala Catur Emas Road to Master 2019 Seri Ketiga diikuti 82 pecatur. Dari seri ini akan dipilih 9 pecatur terbaik yang akan dikirim mengikuti Gala Catur di Medan.

Sementara itu Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Percasi Sumut, yang diwakili Ketua Bidang Orgarnisasi, R Timur Panjaitan mengatakan, Gala Catur Emas Road to Master 2019 sudah digelar di dua tempat, yakni Kota Sibolga dan Kota Kabanjahe.

"Kabupaten Labuhan Batu ini sendiri menjadi tempat ketiga pada penyelenggaraan Gala Catur Emas Road to Master 2019. Kejuaraan ini diharapkan bisa menghasilkan pecatur-pecatur berkualitas dan bisa bersaing di kancah lebih tinggi," tutupnya.

Penulis: Agung
Editor: Redaksi

Baca Juga