Asmaruddin Dipastikan Duduk sebagai Anggota DPRD Madina

MADINA - Selisih unggul 59 (Lima puluh sembilan) suara, Asmaruddin Nasution bisa dipastikan menduduki kursi anggota DPRD Kabupaten Mandailing Natal periode 2019 - 2024.

Pasca perhitungan Pemungutan Suara Ulang (PSU) TPS 014 Kelurahan Mompang Jae, Kecamatan Panyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Provinsi Sumatera Utara, Sabtu malam (27/4/2019).

Asmaruddin Nasution Caleg Nomor urut 01 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil V. Hal tersebut terlihat dari perhitungan suara di TPS tersebut.
Dimana Asmaruddin Nasution Caleg Nomor urut 1 dari PAN memperoleh suara 19, sementara Mora Harahap dari nomor urut 2 memperoleh 24 suara dan partai 2 suara.

Dimana sebelum Pemungutan Suara Ulang (PSU) digelar, berdasarkan data C1, Asmaruddin unggul dengan 64 suara dengan perolehan suara 2101 dari Caleg urut Nomor 02 Mora Harahap yang hanya memperoleh 2037 suara, "Ungkap Asmaruddin Nasution kepada Medanmerdeka.com.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua masyarakat / pemilih di Dapil V yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya kepada saya, sehingga saya bisa memperoleh suara terbanyak dari partai PAN, dan kita juga harus menunggu keputusan resmi dari pihak penyelenggara yakni KPU Madina pada mendatang,"Timpal Asmaruddin.

"Setelah digelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) ini bisa dipastikan, Asmaruddin Nasution akan menduduki Kursi DPRD Kabupaten Madina dari Partai PAN.

Berikut ini perolehan hasil suara keseluruhan dari Partai PAN berdasarkan rekapitulasi C1 dari Caleg Nomor 1. Asmaruddin Nasution ;
Kecamatan Siabu : 1586
Kecamatan Bukit Malintang : 267
Kecamatan Hutabargot : 74
Kecamatan Naga Juang : 87
Kecamatan Panyabungan Utara : 106
Jumlah : 2120

Selanjutnya Mora Harahap memperoleh;
Kecamatan Siabu : 1420 Kecamatan Bukit Malintang : 243
Kecamatan Hutabargot : 67
Kecamatan Naga Juang : 38
Kecamatan Panyabungan Utara : 293 Jumlah : 2061

Sehingga dari hasil perolehan tersebut Asmaruddin Nasution bisa dipastikan menduduki Kursi DPRD Madina dengan unggul 59 suara dari suara keseleruhannya yaitu : 2120 suara, sedangkan pesaing dari satu partainya Mora Harahap hanya memperoleh 2061 suara.

Hasil keseluruhan perolehan suara PSU di TPS (tempat pemungutan suara) 014 Mompang Jae tidak merubah komposisi perolehan suara caleg sebelumnya.

Hal ini antara lain disebabkan rendahnya minat warga mengikuti PSU tersebut. Dari 208 DPT (daftar pemilih tetap) di TPS 014, yang menyalurkan hak pilihnya hanya 100 orang saja.

Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan hingga Sabtu malam, Syafri Siregar (Partai Demokrat) memperoleh 45 suara, Binsar Nasution (Demokrat) 2 suara, Mora Harahap 24 suara, dan Asmaruddin Nasution 19 suara. Sedangkan sisa suara lainnya didapat caleg lain dan suara partai.

Berikut daftar nama yang bakal menduduki kursi DPRD Kabupaten Mandailing Natal dari Dapil 5 berdasarkan perolehan suara dengan 9 kursi yaitu ;

  1. Izhar Helmi (Gerindra)
  2. Syafri Siregar (Demokrat)
  3. Asmaruddin Nasution (PAN)
  4. Zubaidah (Golkar)
  5. Bahri Efendi (PKPI)
  6. Hamdani (PKS)
  7. Khairul (Perindo)
  8. Paldi (Gerindra)
  9. Maraganti Batubara (Hanura).(mm)
Penulis: Iswadi Nst
Editor: Redaksi

Baca Juga