Bawaslu Madina Imbau Peserta Pemilu Taati Aturan Kampanye

Medanmerdeka.com - Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mandailing Natal (Madina), Ahmad Iswadi Batubara mengimbau peserta Pemilu 2019 untuk memahami aturan pelaksanaan kampanye. 

Jika semua pihak memahami aturan kampanye, Bawaslu tidak perlu melakukan imbauan berulang kali soal larangan pelaksanaan kampanye di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

"Tanpa diimbau seharusnya peserta Pemilu wajib memahami aturan kampanye supaya tidak terjadi konflik, supaya ini fair, maka kuncinya, pertama semua pihak memahami regulasi,"Jelas Iswadi kepada medanmerdeka.com, sebagai Divisi Hukum Bawaslu Madina di ruang kerjanya, Rabu (26/12/2018).

Iswadi menambahkan, penting bagi seluruh peserta Pemilu untuk memahami seluruh larangan kampanye, termasuk di lembaga pendidikan, pemerintahan, maupun tempat ibadah.

"JIka terjadi pelanggaran, maka kami dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Madina punya kewenangan untuk menindak," tegasnya.

Selain itu, peserta Pemilu diharàpkan paham betul aturan kampanye juga harus dilaksanakan dan ditaati. "Dengan begitu, tahapan Pemilu tidak akan menimbulkan persoalan," ujar Iswadi.

Larangan kampanye bagi peserta Pemilu 2019 di lembaga pendidikan, pemerintahan, dan tempat ibadah tercantum dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu Pasal 280 ayat 1 huruf H.(ir/mm)

Penulis:

Baca Juga