Bawaslu Sidimpuan Tertibkan APK

SIDIMPUAN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara (Sumut), menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK), yang terpajang di luar zona yang sudah ditentukan.

Pantauan di lapangan, penertilan dimulai dari Jalan Merdeka, Alaman Bolak, Kecamatan Padangsidimpuan Utara. Di lokasi tersebut, sejumlah APK milik partai seperti, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ditertibkan oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Selain itu, sejumlah spanduk calon Presiden/Wakil Presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin ikut ditertibkan.

Para petugas juga membersihkan poster-poster sejumlah calon anggota DPRD baik tingkat satu, dua dan pusat, yang ditempel dibangunan pemerintah seperti, tiang listrik.

"Hari ini, kami bersama tim yang lain menertibkan APK yang dipajang diluar zona yang sudah ditetapkan," kata Aziz Hasiolan Simamora, Komisioner Bawaslu Kota Padangsidimpuan.

Dijelaskannya, sesuai dengan PKPU nomor 23/2017, tentang APK, harusnya, para pengurus partai bersama Satpol PP yang menertibkannya. Namun, hingga saat ini, para pengurus partai politik dianggap tidak aktif, sehingga Bawaslu terpaksa menurunkannya."Hari ini juga hanya ada 4 pengurus partai yang mengikuti penertipan,"tuturnya.

APK yang ditertibkan tersebut dianggap tidak sesuai aturan, karena APK yang dipajang tidak sesuai dengan desain yang disampaikan masing-masing partai ke KPU Kota Padangsidimpuan.

"Berdasarkan laporan yang kami terima, partai yang sudah menyampaikan desain ke KPU masih minim," ujarnya.

Aksi penertipan APK tersebut akan terus berlanjut. Namun, pihaknya akan menyurati para pengurus partai agar mereka menertibkan sendiri.

Ditanya tentang sanksi yang akan diterapkan, Aziz menjawab bahwa tidak ada sanksi yang kuat untuk itu. Namun, dia menghimbua agar pengurus partai atau yang lainnya untuk meningkatkan kesadaran diri dalam menaati aturan. (Thoriq)

Penulis: Thoriq
Editor: Redaksi

Baca Juga