Dadang Ajak Petani Kopi Tingkatkan Edukasi & Konsistensi

Medanmerdeka.com – Calon Anggota DPD RI asal Sumut, Dadang Darmawan melakukan kunjungan ke sejumlah daerah untuk menyerap aspirasi serta memberikan solusi bagi masyarakat di Sumatera Utara.

Kali ini wilayah yang dia kunjungi adalah Desa Bulu Mario Kecamatan Sipirok yang warganya mayoritas berprofesi sebagai Petani Kopi sejak puluhan tahun yang lalu.

Dalam Kunjungannya itu, Dadang mendengarkan keluhan dari petani kopi mulai dari edukasi yang kurang serta konsistensi petani kopi dalam menjaga kualitas mulai dari proses pengolahan hingga penjualan biji kopi.

”Para petani saat ini hanya mampu untuk menjual gabah kering sedangkan itu merupakan harga termurah dari penjualan biji kopi,” ungkap Dadang, Jumat (9/11/2018).

Padahal, Menurut Dadang, kopi sipirok memiliki identitas rasa yang khas namun dengan keterbatasan kemampuan yaitu hanya menjual sampai gabah, maka Kopi tersebut diolah kembali di daerah lain dan diklaim sebagai Kopi daerah tersebut. ”Inilah yang membuat Identitas Kopi Sipirok hilang,” ujarnya.

Sementara untuk kopi luak liar, Menurut Dadang, Sipirok sebenarnya memiliki kualitas yang cukup baik, Namun lagi-lagi karena kemampuan yang belum mumpuni dan edukasi yang minim, para petani sering kali mencampur Biji kopi yang berkualitas dengan yang tidak berkualitas sehingga mengakibatkan jatuhnya harga.

”Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah mempromosikan kopi sipirok secara masif dan mengedukasi petani kopi agar konsisten dalam pengolahan kopi sehingga menghasilkan kualitas kopi yang baik dan membangun mental bangga dengan identitas kopi sipirok,” jelas Akademisi dari FISIP USU itu.

Sementara itu, Baginda Dalimunthe, tokoh masyarakat Desa Bulu Mario mengatakan kehadiran Dadang di desa mereka diharapkan dapat menjadi penyambung lidah bagi masyarakat kepada pemerintah untuk memajukan ekonomi warganya.

”Masyarakat membutuhkan partisipasi dan perhatian seperti yang dilakukan oleh Dadang. Dan seandainya terpilih jangan melupakan desa bulu mario, apalagi Dadang adalah Satu-satunya Calon DPD yang datang ke Desa Mereka,” harapnya.

Menanggapi hal ini Dadang berkomitmen untuk bergandengan tangan dalam membangun daerah kearah yg lebih baik tanpa harus saling menyalahkan. ”Menang maupun kalah, mari kreatif bersama dalam menyelesaikan masalah, kita harus mampu berbuat,” tegasnya. (ril/mm)

Comment