Jelang Pemilu 2019

KPPS, PPK dan PPS Sidimpuan Dibekali Simulasi Pemungutan Suara

SIMULASI : Jelang Pemilu 17 April, KPU Kota Padangsidimpuan memberikan pelatihan petugas KPPS,PPK dan PPS dalam simulasi pemungutan suara di TPS.(foto:mm)
SIMULASI : Jelang Pemilu 17 April, KPU Kota Padangsidimpuan memberikan pelatihan petugas KPPS,PPK dan PPS dalam simulasi pemungutan suara di TPS.(foto:mm)

SIDIMPUAN - KPUD Kota Padangsidimpuan menggelar simulasi pemungutan penghitungan dan rekapitulasi Suara, di TPS yang melibatkan seluruh Ketua KPPS.

Simulasi dianggap penting dilakukan, karena tanggungjawab Ketua KPPS begitu berat, salah satunya memimpin penyelengaraan Pemilu 2019 di tingkat TPS.

Simulasi digelar di dua titik dihari yang berbeda. Simulasi pertama Sabtu, 13 April 2019, di halaman Bagas Godang Hutaimbaru melibatkan 153 Ketua KPPS dari 3 kecamatan, yakni Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, Padangsidimpuan Angkola Julu dan Padangsidimpuan Batunadua. Turut diundang dalam simulasi  ketua PPS dan ketua/anggota PPK dan stakeholder dari 3 kecamatan tsb.

Simulasi tahap ke-2 melibatkan seluruh KPPS dari 3 kecamatan lainnya berjumlah 545 orang yang berasal dari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan, Padangsidimpuan Utara dan PadangsidimpuanTenggara. Turut menghadiri acara Wakil Walikota, Kabag Ops Polres Padangsidimpuan, Danyon, Dandim serta PPK dan PPS.

Divisi Teknis Penyelenggaran KPU Padangsidimpuan Fadlyka Himmah Syahputera Harahap, SE.I, ME yang menjadi leading sektor pada acara simulasi  mengatakan, simulasi ini sangat berguna untuk menambah wawasan praktis penyelenggaraan pemilu 2019 di TPS.

"Pemilu 2019 ini beda, karena Pilpres dan Pileg pertama kali dilaksanakan serentak. Jadi persiapan mental dan wawasan para penyelenggara baik komisioner KPU, PPK, PPS hingga KPPS harus mumpuni," jelasnya.

Sambung Fadlyka, semakin paham aturan maka akan semakin cakap dan percaya diri untuk mensukseskan Pemilu serentak yang dilaksanakan Rabu 17 April 2019..

Dijelaskannya, simulasi pemungutan, penghitungan dan rekap suara TPS, seluruh badan adhoc PPK, PPS dan KPPS di berbagai kesempatan dibimtek langsung oleh KPU Padangsidimpuan berkenaan dengan tata cara pengisian form C1 KPU, tanda coblos sah dan tidak sah.

Disamping itu, juga dibekali Peraturan KPU lainnya tentang pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu 2019 agar pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di kota Padangsidimpuan berjalan aman, lancar dan kondusif.(mm)

Penulis: Ginting
Editor: Redaksi

Baca Juga