KPU Batubara Lakukan Pencermatan DPT Pemilu 2019

RAPAT : Ketua KPU Batubara, Muksin Kalid saat memimpin Pencermatan terhadap DPT Pemilu 2019.(foto:indra/mm)

RAPAT : Ketua KPU Batubara, Muksin Kalid saat memimpin Pencermatan terhadap DPT Pemilu 2019.(foto:indra/mm)

Medanmerdeka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara melakukan pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Hal ini dilakukan agar menghasilkan data lebih akurat yang digunakan pada Pemilu 2019 mendatang.

Ketua KPU setempat, Muksin Kalid, saat membuka kegiatan itu mengungkapkan, upaya pencermatan itu juga merupakan respons terhadap surat yang diterima dari Bawaslu.

Ia juga menjelaskan, jika nantinya terdapat pemilih ganda dalam DPT, maka dapat dilakukan tindakan penghapusan. Namun hal tersebut dilakukan secara tertulis yang tertuang dalam berita acara tersendiri.

Selanjutnya, ia juga berharap agar pihak partai politik dapat berpartisipasi aktif dalam melakukan pencermatan terhadap daftar pemilih tetap tersebut.

Terkait dengan itu, Komisioner KPU, Mustafa menjelaskan dalam DPT yang dikeluarkan oleh KPU sebelumnya, terdapat 289826 pemilih. Lapaoran mengenai hal itu telah disampaikan ke tingkat provinsi. Penyampaian mengenai perlunya pencermatan diterima, pasca data tersebut sampai ke tingkat nasional.(indra/mm)

Comment