KPU Batubara Rampungkan Rekapitulasi Sesuai Jadwal

BATUBARA - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Batubara, Minggu (5/5/2019) menyelesaikan proses rekapitulasi suara Pemilihan Umum serentak 2019. Tahapan penting itu berakhir sesuai jadwal sejak dimulai Jumat lalu.

Penghitungan suara berjalan relatif lancar, namun kerap diwarnai dengan aksi interupsi dari Bawaslu setempat.

Beberapa kali, bahkan, pihak komisioner KPU yang dipimpin Muhammad Amin Lubis terlibat adu argumentasi yang cukup alot dengan Ketua Bawaslu Adi Sutoyo

Situasi tampak menghangat Minggu dinihari. Bawaslu mempertanyakan perihal amplop yang seharusnya berisikan dokumen DA1 untuk DPRD Provinsi justru berisi dokumen DAA1 Desa Tanah Tinggi dengan jenis pemilihan DPRD Provinsi.

Untuk masalah itu, Rapat Pleno Terbuka yang dipimpin Ketua KPU akhirnya memutuskan untuk melanjutkan rekapitulasi. Keberatan yang dilayangkan Bawaslu kemudian dicantumkan dalam form DB2.

Rekapitulasi suara yang digelar di KPU mendapat pengawalan yang ketat dari aparat keamanan baik dari unsur kepolisian dan pihak TNI. Pemkab setempat juga berpartisipasi dengan mnerunkan petugas dari Satpol PP dan pasukan pemadam kebakaran.

Penulis: Khairul Indra
Editor: Redaksi

Baca Juga