KPU Binjai Gelar Simulasi Pemungutan Suara

SIMULASI : KPU Binjai menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2019, Jalan Olahraga, Binjai. Simulasi menjadi bahan evaluasi penguatan petugas KPPS di lapangan.(foto:mm)
SIMULASI : KPU Binjai menggelar simulasi pemungutan suara Pemilu 2019, Jalan Olahraga, Binjai. Simulasi menjadi bahan evaluasi penguatan petugas KPPS di lapangan.(foto:mm)

BINJAI - Seratan warga Kota Binjai tampak berbondong-bondong menuju TPS 1000 di Jalan Olahraga, untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 2019.

Sejak pukul 06.00 WIB, sejumlah petugas KPPS sudah berkemas mempersiapkan sarana dan prasarana pemungutan suara. Penghitungan surat suara berhasil diselesaikan sekira pukul 16.00 WIB.

Sebelum pencoblosan kertas suara dimulai, petugas KKPS menyusun kotak suara masing-masing pemilu. Selain itu juga dipasang susunan DPT, DPTb dan Daftar Pasangan Calon dan Daftar Calon Tetap.

Beginilah gambaran pelaksanaan simulasi pemungutan suara yang akan digelar serentak 17 April 2019, mendatang. Simulasi diselenggarakan Selasa (9/4/2019) di lima titik kecamatan se-Kota Binjai, salah satu di TPS, 1000 Jalan Olahraga, Kota Binjai.

Selain itu juga tergambarkan kehadiran tim monitoring unsur Forkopimda Kota Binjai, Polres Binjai dan pengadilan negeri. Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi, didampingi Sekdako Binjai M Mahfullah P Daulay, dan Kapolres Binjai AKBP Nugroho Tri Nuryanto mendatangi TPS yang berada di Binjai Timur.

Sebelumnya, rombongan Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi sebelumnya telah melakukan monitoring ke TPS di Binjai Barat, Binjai Kota, Binjai Selatan dan Binjai Utara.

Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi mengatakan simulasi rangkaian pelaksanaan pemungutan suara merupakan persiapan petugas KPPS di TPS.

"Ujung tombak suksesnya Pemilu ada di tangan KPPS. Untuk itu, kita mempersiapkan KPPS yang handal dan mumpuni," tegas Zulfan didampingi Robby Effendi, Arifin Saleh, Risno Fiardi dan Sekretaris KPU Syariful Azmi.

Ditambahkan Robby, kegiatan simulasi ini dilakukan dengan teknis dan tata cara pemungutan yang sebenarnya, layaknya pemungutan yang sesungguhnya.

"Pemilih kita batasi sebanyak 50 orang, namun cara kerja KPPS harus sesuai dengan buku panduan yang telah diberikan sebelumnya, ada saksi ada pengawas TPS," terang Robby.

Dari hasil simulasi, masing-masing kecamatan telah menyelesaikan tahapan penghitungan surat suara sekira pukul 16.00 WIB. "Hasil simulasi akan kita evaluasi dan akan dilakukan penguatan petugas KPPS dalam Bimtek pada 10-13 April 2019," kata Robby.

Tahapan pemungutan dan penghitungan dimulai dari tahap persiapan. Paling lambat 12 April harus diumumkan tempat dan waktu pemungutan suara.

"Paling lambat 14 April formulir C6 harus sudah disampaikan kepada pemilih. "Untuk penerimaan logistik TPS dari PPS ke KPPS dan penyiapan TPS itu paling lambat 16 April 2019," ujarnya.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga