KPU Binjai Lakukan Pelipatan Surat Suara Pilpres dan DPD  

BINJAI - KPU Kota Binjai melakukan proses pelipatan surat suara untuk surat suara Pilpres dan DPD, Kamis (21/3) di aula kantor KPU Binjai.

Pelipatan ini merupakan sesi selanjutnya, setelah sebelumnya KPU Binjai melakukan pelipatan untuk surat suara DPR. DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

Komisioner KPU Binjai Divisi sosialisasi/SDM Robby Effendi mengatakan proses pelipatan itu diawasi Bawaslu Binjai dan pihak Polres Binjai.

Sambungnya, KPU Binjai menerima jenis surat suara Presiden dan Wakil presiden sebanyak 194.764 lembar dan surat suara DPD sebanyak 194.764.

"Belum ditemukan surat suara yang rusak, karena baru disortir dan dilipat.jika ada nanti segera kita laporkan ke pusat," sebut Robby.

Sehari sebelumnya, KPU Binjai juga telah menggelar Rapat Pleno penetapan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) kedua. Rinciannya pemilih masuk yang mengurus di daerah asal sebanyak 85 pemilih tersebar di 40 TPS, 23 Kelurahan dan 5 kecamatan. Kemudian pemilih masuk yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 572 pemilih tersebar di 56 TPS, 26 Kelurahan dan 5 Kecamatan.

Selanjutnya di dalam pleno itu ditetapkan juga pemilih keluar yang mengurus di daerah asal sebanyak 154 pemilih tersebar di 105 TPS , 32 kelurahan dan 5 kecamatan dan pemilih keluar yang mengurus di daerah tujuan sebanyak 384 pemilih yang tersebar di 246 TPS, 35 kelurahan dan 5 kecamatan. Robby bilang terdapat penambahan TPS berbasis DPTb sebanyak 2 TPS tersebar di Kelurahan Limau Mungkur di Binjai Barat.

Lebih jauh mengenai tahapan pemilu 2019. Robby mengatakan mulai tanggal 24 Maret mendatang, akan masuk ke tahap kampanye rapat umum. "Kampanye rapat umum akan berlangsung selama 21 hari, khusus 3 April libur bertepatan dengan Isra' Miraj," sebutnya. (mm)