KPU Binjai Lembur, Siapkan Kelengkapan TPS

BINJAI - KPU Kota Binjai mulai mempersiapkan alat kelengkapan dan surat suara kebutuhan Pemilu 17 April 2019. Tak heran, hingga hari pencoblosan nanti, sejumlah staf penyelenggaran pemilu harus bekerja lebur.

Dari pantauan medanmerdeka.com, di gedung KPU Kota Medan, sejumlah staf mulai sibuk melakukan aktivitas dan tanggunjgawab masing-masing tugas. Mulai dari mengepak kotak suara, hingga menempel stiker-stiker pesta demokrasi dan logo KPU.

Di ruangan perama, kotak suara bertuliskan DPR RI berstiker kuning tersusun rapi, berikutnya kotak suara DPD RI berstiker merah. Kotak-kotak ini sudah terkemas rapi dalam pelastik, di bawah pengawasan kepolisian dan Bawaslu setempat.

"Semua bekerja lembur mempersiapkan kelengkapan, termasuk sarana dan prasarana di TPS. Paling lambat, semua harus rampung sehari sebelum hari pencoblosan pada 17 April," terang Komisioner KPU Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi.

Mempersiapkan kelengkapan dan kertas suara tidak dapat dilakukan terburu-buru, semua harus mengikuti SOP, terukur, cermat dan teliti.

"Kecermatan diperlukan untuk memilah jenis formulir, jenis sampul, perlengkapan yang di dalam kotak suara maupun perlengkapan yang di dalam kotak. Jangan sampai ada keliru, karena semua sudah ada aturannya," tegas Robby.

Sementara itu, Sekretaris KPU Binjai Syariful Azmi mengatakan, kelengkapan TPS ini akan didistribusikan ke masing-masing PPK, untuk diteruskan ke PPS dan KPPS. Sejauh ini kelengkapan yang telah dikerjakan sudah sekitar 60 persen lebih.

"Beberapa hari kerja ini untuk persiapan kelengkapan alat Pemilu yang matang di Binjai sudah sekitar 60 persen. Kalau bisa lebih cepat dari target selesai ya lebih baik," terangnya.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga