Pemilu 17 April 2019

Masyarakat Kota Binjai Antusias Gunakan Hak Suara

ANTUSIAS : Salah seorang pemilih disabilitas menggunakan hak pilihnya di TPS 3 Tanah Tinggi Kota Binjai, pada pemilu serentak 17 April 2019. KPU Binjai optimis partisipasi pemilih pada pesta demokrasi 2019 meningkat.(foto:mm)
ANTUSIAS : Salah seorang pemilih disabilitas menggunakan hak pilihnya di TPS 3 Tanah Tinggi Kota Binjai, pada pemilu serentak 17 April 2019. KPU Binjai optimis partisipasi pemilih pada pesta demokrasi 2019 meningkat.(foto:mm)

BINJAI - Antusiasme partisipasi masyarakat Kota Binjai dalam Pilkada serentak 17 April 2019, relatif tinggi. Mulai pukul 07.00 WIB, seratusan warga sudah berbondong-bondong menuju TPS.

Pantauan di lapangan, tingginya partisipasi masyarakat terlihat pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB, antrean panjang masyarakat begitu panjang untuk mengikuti proses pencoblosan surat suara hampir merata di seluruh TPS yang tersebar di Kota Binjai.

Secara umum, tidak terlihat ketegangan politik yang cukup berarti. Sebaliknya, warga cenderung sangat bersemangat dan bersuka-cita mengikuti seluruh prosesi pemungutan suara.

Di sisi lain, pelaksanaan pesta demokrasi nasional turut berimbas pada penurunan aktifitas ekonomi dan mobilisasi masyarakat.

Sebagian besar pengelola toko dan warung makanan justru memilih menutup sementara usahanya sejak pagi, serta baru memulai aktifitasnya pada siang dan sora hari.

Kondisi kepadatan arus lalu-lintas di Kota Binjai juga ikut menurun Sebagian besar jalan utama justru terlihat sepi dan lenggang, jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Hanya beberapa angkutan umum dan kendaraan pribadi saja yang melintas, termasuk sejumlah kendaraan patroli TNI-Polri yang rutin singgah untuk meninjau situasi di TPS.

Komisioner KPU Kota Binjai Divisi Pertisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Robby Effendi, menyebut, Pemilu 2019 di Kota Binjai dilaksanakan pada 715 TPS yang tersebar di 37 kelurahan.

Secara umum menurutnya, pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pemilu 2019 di Kota Binjai berjalan aman, tertib, dan lancar. Selain itu, tingkat partisipasi pemilih relatif baik dan diperkirakan mencapai lebih dari 70 persen.

"Selain karena proses sosialisasi berjalan optimal, Kebetulan Pemilu 2019 ini adalah Pemilu pertama yang menggabungkan Pileg dan Pilpres. Sehingga wajar antusiasme masyarakat mengikuti proses pemungutan suara sangat tinggi," ujarnya.

Hanya saja Robby mengaku belum dapat memastikan persentase partisipasi pemilih pada pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Binjai. Sebab hingga Rabu (17/4) malam, prosea penghitungan suara di TPS masih berlangsung.

“Saat ini seluruh komisioner termasuk ketua KPU Binjai ikut mengawal dan mengawasi jalannya Putungsura di wilayah koordinasi masing-masing,” sebutnya.

Sebaliknya, dia turut bersyukur dan menyatakan terima kasih kepada seluruh pihak, atas peranserta dan partisiapasi dalam mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Binjai.

"Secara khusus, kita juga merasa bangga, karena pelaksanaan tahapan pemungutan suara Pemilu 2019 di Kota Binjai mendapat perhatian luar biasa dari Bapak Gubernur Sumatera Utara," kata Robby.(mm)

Penulis: Amri
Editor: Redaksi

Baca Juga