KPU Binjai Ajukan Rp17 Miliar Anggaran Pilkada 2020

Komisioner KPU Binjai, Robby Effendi.(Foto/MEDANmerdeka)

BINJAI – KPU Binjai sudah menyerahkan draf anggaran Pilkada serentak tahun 2020, ke Pemko Binjai, sebesar Rp17 miliar.

“Pembahasan kebutuhan anggaran Pilkada 2020, sudah kita bahas bersama antara KPU dan Pemko Binjai. Draf anggarannya juga sudah kita serahkan ke Pemko,” kata komisioner KPU Binjai, Robby Effendi, Selasa (9/7/2019) kepada media.

Sesuai mekanisme, sambung Roby, draf tersebut akan dibahas untuk dianggarkan dalam perubahan APBD 2019, oleh anggota legislatif yang kemudian akan dituangkan dalam naskah perjanjian hibah daerah kepada KPU.

Penyusunan draf anggaran Pilkada serentak tahun 2020 KPU Binjai, sesuai Keputusan KPU RI no 80/81 tahun 2017, tentang standart acuan penyusunan anggaran Pilkada.

"Jadi teknis menyusun anggaran pun sudah ada aturan dan acuannya, kita tinggal mengikutinya saja untuk diteruskan ke pemerintah setempat," ujarnyaa.

Mengenai proses tahapan pelaksanaan Pilkada, Robby menyebutkan, sesuai kesepakatan sementara antara KPU RI dengan DPR RI, bahwa pelaksanaan pilkada digelar 23 September 2020.

“Artinya September 2019 sudah bisa dimulai.Kita tinggal menunggu petunjuk pimpinan di Sumut dan DPR RI saja," katanya.

Jika nantinya Pilkada digelar september 2019, maka sudah dimulai tahapan Pilkada. Hal awal yang dilakukan KPU Binjai adalah proses lanjut soal anggaran dengan Pemko, pemutahiran data pemilih dan sosialisasi tentang pelaksanaan Pilkada tersebut.

"Untuk rekrutmen petugas PPK dan PPS masih lama, setidaknya itu Desember-Januari tahun 2020," katanya.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga