Partisipasi Pemilih Warga Kota Medan di Pilgubsu Capai 60%

Medanmerdeka.com – Berbeda dengan penyelenggaraan pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) kota Medan tahun 2015 lalu, kali ini partisipasi masyarakat kota Medan dalam mengikuti Pilgubsu mencapai 60 persen.

Ketua KPU Kota Medan, Herdensi mengatakan partisipasi masyarakat kota Medan mencapai hingga 58,38 persen dari jumlah DPT sebesar 1.520.301. Ini mengalami peningkatan jika dibandingkan Pilkada Kota Medan 2015 lalu sebesar 25,36 persen.

“Kalau kita lihat peningkatannya sangat signifikan. Mencapai sekitar 60 persen dibanding dengan Pilkada Kota Medan,” ujar Herdensi, Sabtu kemarin (30/6).

Tingginya animo masyarakat dalam Pilgubsu ini, kata Herdensi bisa dilihat dari partisipasi masyarakat di Kota Bangun, Medan Deli yang mencapai hingga 100 persen lebih. “Di Kota Bangun bahkan kita kekurangan surat suara, karena partisipasi masyarakat lebih dari 100 persen. Sebab banyak masyarakat yang memilih dengan e-KTP,” ujar Herdensi.

Begitu pun, lanjut Herdensi, meski saat pemilihan kurang surat suara, namun hal itu dapat diatasi pihaknya dengan mengambil kebijakan sesuai dengan aturan PKPU No. 8 tahun 2018, dimanajika kekurangan surat suara dapat dilakukan dengan mengalihkan masyarakat untuk menggunakan hak suaranya ke TPS terdekat ataupun KPPS meminta surat suara ke TPS terdekat.

Peningkatan partisipasi masyarakat ini disebut Herdensi tidak terlepas dari pasangan calon Gubsu dan Wagubsu yang menarik di bagi masyarakat, selain itu kompetisi juga berjalan dengan baik sehingga mempengaruhi animo masyarakat untuk datang ke TPS.

Herdensi juga berharap dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilhan Legislatif (Pileg) mendatang, partisipasi masyarakat dapat semakin lebih baik. “Saat ini kita sedang merampungkan DPS untuk Pilpres dan Pileg. Kita harap partisipasi masyarakat bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Senada dengan hal itu, Ketua Panitia Pemilhan Kecamatan (PPK) Medan Petisah, Muhammad Adly Nasution juga mengatakan kalau tingkat partisipasi masyarakat di kecamatan Medan Petisah meningkat tajam.“Partisipasi pemilih untuk Pilgubsu ini meningkat sangat tajam. Berkisar 65 persen dari DPT kita sebanyak 49.868,” ujar Adly.(uja/mm)

Comment