Sosialisasi Pilgubsu Pengaruhi Peningkatan Partisipasi Pemilih

Medanmerdeka.com – Partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Pilkada Serentak di Kabupaten Simalungun mengalami peningkatan sebesar 9 persen, jika dibandingkan Pilkada 2016 lalu.

Ketua KPU Simalungun Adelbert Damanik ST mengatakan, naiknya partisipasi pemilih tentunya disebabkan sejumlah factor, salasatunya sosialisasi yang dilakukan penyelenggara dalam bentuk tatap muka maupun social media.

Dari hasil evaluasi, partisipasi pemilih pemula juga mengalami peningkatan yang signifikan. “Peningkatan pemilih mencapai 62,08 persen, sedangkan pada Pilkada 2016 hanya sebesar 53 persen,” jelasnya. Disamping memaksimalkan sosialisasi pemilih, KPU Simalungun juga memperketat pengawasanterjadinya pemilih ganda.

Sementara itu, jumlah DPT Kota Pematangsiantar 162.476 dan yang menggunakan hak suaranya mencapai 67 persen atau naik dari Pilkada sebelumnya yang hanya 65 persen.

Ketua KPU Siantar Mangasi Tua Purba mengatakan, faktor utama naiknya partisipasi pemilih disebabkan validasi data yang lebih akurat. Soalnya sekarang kan pendataannya harus di data berdasarkan domisilinya.

Diperkirakan kotak suara masuk ke KPU Pematang Siantar hari Senin atau Selasa ke depan. Untuk data sementara hasil rekab, disini Eramas kalah, hanya mendapatkan sekitar 30 persen suara.(nst/mm)

Comment