oleh

Walkot Imbau Petugas PPL Tebing Tinggi Agar Netral

Medanmerdeka.com – Wali Kota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menghadiri pelantikan dan bimbingan teknis/pembekalan Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se- Kota Tebing Tinggi, Jumat (19/1/2018) di gedung Hj.Sawiyah.

sebanyak 20 orang dalam rangka pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018, Jum’at (19/1) bertempat di Gedung Hj.Sawiyah.

Pelantikan 20 anggota PPL ini juga dihadiri Kapolres Tebing Tinggi AKBP Sunadi, Ketua Pengadilan Negeri Tebing Tinggi Jarihat Simarmata, Bawaslu Provinsi Sumut Aulia Andri, Ketua Panwaslih Tebing Tinggi bersama jajarannya, Panwascam se- Kota Tebing Tinggi.

Dalam kesempatan itu Wali Kota H.Umar Zunaidi Hasibuan memberikan apresiasi  kepada PPL, yang kelak menjadi ujung tombak tegaknya pengawasan terhadap proses Pilkada Kota Tebing Tinggi. “Bekerjalah dengan sebaik-baiknya jangan hanya mendengar informasi dari orang tapi lihat dan dengarkanlah secara langsung di lapangan, jangan berpihak ke Pasangan calon tapi bersikap netrallah,” tegas H.Umar Zunaidi.

Sambung wali kota, tugas PPL ini hanya 6 bulan. Namun waktu yang singkat ini mengandung unsur sangat-sangat esensial bagi Sumatera Utara, sebab tanggungjawabnya mengawsi berlangsungnya pemilihan Gubsu dan Wagubsu. “Segmenya itu tingkat provinsi, dan mereka ini juga menentukan keberadaan keberadaan pemimpin Provsu ke depan,” tegasnya.

Wali kota berharap, agar PPL bertugas dengan niat ikhlas dan murni untuk suatu pemilhan kepala daerah yang jujur, adil, demokratis yang langsung bebas dan rahasia tanpa tekanan dari sana-sini dan berintegritas tinggi.

Sementara itu, Bawaslu Sumut Aulia Andri mengatakan bahwa tugas dari PPL, Panwascam dan Panwaslih yaitu mengawasi berjalannya pemilhan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, yang saat ini sudah sampai ketahap pencalonan.

Terakhir Ketua Bawaslu Sumut mengatakan, tugas terberat Panwaslih adalah pada Tanggal 20 besok untuk pengawasan pencocokan dan penelitian (coklik) yang dilakukan oleh jajaran KPU guna memperbaiki daftar pemilih di Kab/Kota masing – masing yang menjadi tugas pertama para PPL dan kepada Panwascam lakukan pengawasan dan berikan arahan kepada PPL.

Kegiatan di tandai dengan pengambilan sumpah/janji yang di wakili oleh ketua Panwascam Padang Hulu, penandatangan, dan pelantikan pengawas pemilihan lapangan (PPL).(am/mm)

News Feed