oleh

72 Lembar Kertas Suara Pilgubsu di KPU Deliserdang Rusak

Medanmerdeka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang telah menemukan ada 72 surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) yang dinyatakan dalam kondisi rusak.

Hal itu diketahui setelah KPU Deliserdang sudah melaksanakan pelipatan surat suara Pilgub Sumut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2018 di GOR Lubuk Pakam. “Ada sekitar 72 surat suara yang rusak. Apakah itu kayak atau tercoblos atau karena kena tinta,” kata Komisioner Divisi Keuangan, Umum dan Logistik KPU Kabupaten Deliserdang, Lisbon Situmorang, yang mendampingi Ketua KPU Deliserdang, Timo Dahlia Daulay, Sabtu kemarin (9/6/2018).

Pelipatan surat suara ini melibatkan 500 petugas pelipat surat suara yang didominasi kaum ibu-ibu. Selama pelipatan surat suara, petugas KPU Kabupaten Deliserdang melarang petugas pelipat suara meletakkan makanan dan minuman disekitar lokasi pelipatan surat suara.

Surat suara yang dilipat sebanyak 598 kotak dengan total surat suara 1.196.541 lembar sudah termasuk 2,5 % tambahan dari jumlah DPT sebanyak 1.165.765 masing-masing TPS yang berjumlah 3.379 TPS se Kabupaten Deliserdang.

Dia mengatakan proses pelipatan surat suara Pilgubsu ini melibatkan 500 petugas pelipatan surat. “Proses pelipatan surat suara diawasi 30 petugas pengawas dari KPU Kabupaten Deliserdang,” ujarnya.

Menurut Lisbon, pelipatan surat suara Pilgubsu ini ditargetkan selesai satu hari. “Surat suara yang telah selesai dilipat selanjutnya dimasukkan ke kotak suara oleh petugas pengawas dari KPU Kabupaten Deliserdang,” terangnya.

Lisbon juga menegaskan untuk surat suara yang rusak akan dipisahkan untuk selanjutnya dimusnahkan. “Selain diawasi petugas KPU Deliserdang, pelipatan surat suara juga diawasi Panwaslih Deliserdang. Setiap kotak surat suara diupah Rp 200 ribu, setiap tim terdiri dari lima petugas pelipat suara,” tegasnya. (may/mm)

Komentar

News Feed