oleh

Ditanya Pratek Ijon yang Susahkan Petani, Sihar Tak Menjawab

Medanmerdeka.com – Debat publik putara kedua Pilgub Sumut 2018, kembali memberi kesempatan calon Wakil Gubsu nomor urut 1 Musa Rajekshah dan calon Wakil Gubsu nomor urut 2 Sihar Sitorus saling bertanya soal ketahanan pangan yang disiarkan langsung televisi nasional di Hotel Adi Mulia, Medan, Sabtu (12/5/2018) malam.

Pada kesempatannya, Musa Rajekshah (Ijeck), meminta tanggapan Sihar soal praktek ijon yang mencekik petani di Sumut. Diketahui, Salah satu kendala yang masih dihadapi petani di Sumut adalah masalah permodalan. Terbatasnya akses ke bank atau lembaga pembiayaan lainnya membuat banyak petani menjatuhkan pilihan pada rentenir yang membuat praktek ijon masih marak.

Praktek ijon ini, membuat petani membayar pinjaman modal dengan hasil pertaniannya tentu sangat miris. Karena petani akan  ketergantungan dan semakin jauh dari kata sejahtera. “Bagaimana tanggapan Bang Sihar soal praktek ijon, hasil pertanian dibeli pemilik uang dengan harga yang sudah ditentukan lebih dulu, yang menjadi salah satu masalah petani kita di Sumut,” kata Ijeck.

Mendapat pertanyaan ini, Sihar tak menjawab soal ijon itu. Dia memilih menjawab soal ketahanan pangan yang harus sesuai dengan kebutuhan daerah.(may/mm)

News Feed