Gugatan Paslon 01 Jakfar-Atika Dikabulkan MK, KPU Madina Siapkan PSU di Tiga TPS

Ketua KPU Fadilah Syarif. (Foto MEDANmerdekaIst)

MADINA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2020, khusus di tiga TPS .

PSU dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi dalam amar putusan pada sidang kemarin memerintahkan KPU Madina untuk melakukan PSU di dua Kecamatan yang ada di Madina. "KPU siap melakukan PSU di tiga TPS," ujar Ketua KPU Fadilah Syarif via selulernya Selasa 23/3/2021.

Untuk jadwal proses pelaksanaan PSU Syarief menjelaskan akan melakukan rapat kordinasi dengan KPU RI. "Untuk jadwal pelaksanaannya kita akan melakukan rapat kordinasi dengan pimpinan," tutupnya.

Mahkamah Konstitusi memerintahkan KPU Madina untuk melakukan PSU di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dua Kecamatan yakni kecamatan Muarasipongi dan Panyabungan Utara.

Ketiga TPS yang akan dilaksanakan PSU yakni TPS 001 Desa Bandar Panjang Tuo, Kecamatan Muara Sipongi, TPS 001 dan TPS 002 Desa Kampung Baru, Kecamatan Panyabungan Utara, Madina.

Sebelumnya Paslon 01 melayangkan gugatan ke MK atas hasil Pilkada Madina 2020 dan teregister dengan nomor 86/PHP.BUP-XIX/2021.

Pada perolehan suara pada Pilkada Madina 2020 tim Paslon 01 H. M. Jakfar Sukhairi dan Atika Azmi Utammi kalah tipis dari tim 02 yakni Drs H Dahlan Hasan Nasution dan Aswin Parinduri dengan selisih 372 suara.

Dari hasil Rekapitulasi Penghitungan suara ditingkat Kabupaten Paslon 01 berhasil mengumpulkan suara sebanyak 78 921 sementara paslon 02 memperoleh sebanyak 79 293.