Ketua KPU Medan: Media Sosial Kontrol Kepemiluan

SERGAI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menempatkan media sebagai mitra yang menjadi salah satu unsur sosial kontrol kinerjanya menjalankan tahapan kepemiluan.

Demikian Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik dalam Seminar Evaluasi Tahapan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan Tahun 2020 bersama Media Center KPU Kota Medan di Theme Park, Kabupaten Serdang Bedagai, Rabu (3/3/2021).

Menurut Agussyah, Media Center KPU Kota Medan tidak hanya menyampaikan pemberitaan, informasi dan sosialisasi tahapan pilkada saja, tapi kami menempatkan posisi Media Center itu sebagai mitra yang menjadi unsur pemberi masukan untuk perbaikan tahapan pilkada ke depannya.

"Makanya kita desain acara ini dalam bentuk diskusi, karena kami melihat media dalam penyelenggaraan pilkada ini sangat penting. Kami sadar media ini tidak hanya dalam fungsi memberi pemberitaan, tapi sebagai fungsi control terhadap kerja-kerja KPU," ujar Agussyah didampingi Komisioner KPU Kota Medan Edi Suhartono, M Rinaldi Khair dan Zefrizal dan Sekretaris Nirwansyah.

Dari kegiatan yang digelar ini, sebut Agussyah, ada banyak rekomendasi-rekomendasi yang diberikan Media Center KPU Medan kepada KPU Kota Medan dan selanjutnya rekomendasi-rekomendasi tersebut akan kami bahas.

Ia berharap hubungan KPU Kota Medan dengan media dapat terus  terjalin dengan baik.

Pada pertemuan itu, Ketua Pokja PWI Kota Medan Rifki Warisan mengapresiasi kepedulian KPU Medan terhadap insan Pers di Kota Medan khususnya yang tergabung dalam Media Center.

Ia mengapresiasi KPU Medan, meski di tengah Pandemi Covid-19 tetap peduli terhadap keselamatan wartawan.

Ke depannya, jika Pandemi Covid-19 masih berlangsung diharapkan ada winwin solution sehingga wartawan bisa menjalankan tugasnya menyajikan berita yang akurat, berimbang, proporsional dan berpihak pada kepentingan masyarakat luas.

Dalam kesempatan itu, Koordinator Media Center KPU Kota Medan Amru Lubis mengapresiasi KPU Medan yang selama ini telah memfasilitasi rekan jurnalis baik cetak, online dan elektronik,  yang tergabung dalam Media Center maupun di luar peliputan Pilkada Medan 2020.

"Ini menunjukkan KPU Medan dekat dengan wartawan hanya Pandemi Covid-19 ini saja yang membatasi sehingga sejumlah  agenda Media Center mengalami penyesuaian," paparnya.

Selanjutnya, Amru juga berharap hasil rekomendasi yang telah disampaikan rekan-rekan bisa diakomodir KPU Medan sebagai masukan dan solusi peliputan kepemiluan ke depan.

Pada kegiatan dengan moderator Wakil KoordinatorJhonris Purba,  Amru juga mengucapkan terimakasih pada rekan-rekan sesama wartawan yang selama ini telah mendukungnya menjalankan amanah sebagai koordinator  penjembatani tugas wartawan dengan KPU Medan.

"Ke depannya saya berharap sinergitas wartawan dengan KPU Medan melalui media center ini bisa lebih di tingkatkan lagi,"  paparnya.