oleh

KPU Belum Terima SK Pemberhentian, Irsan Bakal Terancam?

Medanmerdeka.com – Berkas pencalonan, calon Wali Kota Padangsidimpuan, Irsan Effendi Nasution masih memunculkan tanda tanya. Alasannya, hingga saat ini Surat Keputusan (SK) pemberhentian sebagai anggota DPRD dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) belum diterima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

“SK pemberhentian sebagai anggota DPRD, dari Gubernur Sumut sampai sekarang belum kami terima,”ujar Ketua KPU Padangsidimpuan, Arbanur Rasyid ketika dihubungi wartawan melalui telepon selulernya, pada pukul 16.00 WIB.

Mengacu ke PKPU Nomor 3 tahun 2017, tentang pencalon gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan atau wali kota dan wakil wali kota, pasal 69, ayat 1, dijelaskan, bagi calon yang berstatus sebagai Anggota DPR, DPD atau DPRD, anggota TNI, Polri, dan PNS wajib menyampaikan keputusan pejabat yang berwenang  tentang pemberhentian sebagai anggota DPR, DPD atau DPRD, anggota TNI, Polri, dan PNS kepada KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota paling lambat 30 hari sebelum hari pemungutan suara.

Untuk itu, dikatakan Arbanur, direncanakan Senin (28/5/2018) hari ini KPU Kota Padangsidimpuan akan menggelar rapat terkait tindakan yang akan diambil terhadap calon tersebut.”Baiknya kami rapat dahulu, nanti kami akan memberikan informasi selanjutnya,”ujarnya.(thoriq/mm)

Komentar

News Feed