Pilkada Serentak, Bawaslu Ingatkan ASN Sergai Netral

Bawaslu RI Dr. Ratna Dewi Petalolo SH,MH sebagai Narasumber Sosialisasi Netralitas ASN pada Polkada Serentak,Selasa (10/3/2020). (Foto:MEDANmerdeka/Ist)

SERGAI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sergai imbau para ASN untuk menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, mendatang.

Pesan ini disampaikan Bawaslu RI Dr.Ratna Dewi Petalolo SH,MH, dalam kegiatan sosialisasi yang dihadiri Bupati Sergai Soekirman, Sekdakab Sergai M. Faisal Hasrimy, Plt.Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, Ketua Bawaslu Sumut Syafrida R Rasahan, Ketua Bawaslu Sergai Agusli Matondang, Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, Unsur Forkopimda Sergai, para OPD, Camat se Sergai, Tokoh Masyarakat, serta seluruh Panwaslu Kecamatan se Sergai.

Ratna Dewi Petalolo mengupas dengan lugas dan jelas terhadap UU No. 10 Tahun 2016 Tentang Netralitas ASN Dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota. Dalam UU No. 10 Tahun 2016 dalam pasal 71 itu dijelaskan tentang Netralitas ASN dalam melaksanakan pelayanan publik apakah tindakan yang dilakukan itu sifatnya menguntungkan maupun merugikan dari salah satu Calon Kepala Daerah (Cakada) yang diusung itu masuk dalam salah satu indikator pelanggaran Pemilu atau tidak.

“Bagi ASN dalam pelaksanaan pelayanan publik itu dianggap melakukan pelanggaran pemilu dapat diambil contoh dalam pemberian sembako bagi masyarakat. Dimana jadwal yang telah disepakati untuk didistribusikan mengalami pergeseran hari, sehingga pergeseran jadwal ini dapat dilihat menjadi salah satu pelanggaran pemilu. Disini sanksi yang dilakukan ASN diatur pada Peraturan Bawaslu No. 6 Tahun 2018," tegas.

Menurut Ratna Dewi Petalolo, sosialisasi Netralitas ASN ini menjadi sangat penting dilakukan. Dimana pada Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini dari 270 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak, ada sebanyak 230 yang diikuti calon Petahana yang masih memenuhi syarat untuk maju kembali.

"Data Pengawasan Pemilu terdapat indikasi ASN tidak netral ketika Calon Kepala Daerah (Cakada) Petahana itu kembali menyalonkan diri", pungkasnya.

Harapannya dengan Kegiatan ini kedepannya pada Pilkada Serentak Tahun 2020 Kabupaten Sergai tidak menjadi salah satu penyumbang masalah pelanggaran pemilu dan tidak money politik. Karena dengan Netralitas ASN ini Negara melindungi dengan jelas hak pilihnya. Negara sendiri telah membatasi hak bagi pemberi kuasa itu sendiri", pungkasnya.

Sebelumnya Ketua Bawaslu Sergai M. Agusli Matondang SH berharap dengan Sosialisasi Netralitas ASN ini kedepan netralitas ASN pada Pilbup dan Wabup Tahun 2020 di Kabupaten Sergai dapat terjaga dengan baik. Sehingga Pilkada 2020 ini dapat berlangsung Luber dan Jurdil," pintanya.

Komentar

Loading...