Ratusan Buruh Demo Kantor KPU Deliserdang

Medanmerdeka.com - Ratusan buruh yang tergabung di dalam Aliansi Pekerja Buruh Deli Serdang (APB-DS) demo di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Deliserdang, Lubuk Pakam, pada Selasa (6/2/2018).
Dalam aksinya, ratusan buruh ini menuntut agar KPU Kabupaten Deliserdang bersikap tegas, bekerja jujur dan profesional dalam penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Deli Serdang pada Tahun 2018.
"Kalau penyelenggaranya tidak profesional dan independen maka Deli Serdang tidak akan kondusif dan rusuh," ujar Koordinator aksi, Bambang Hermanto.
Ratusan buruh ini juga menuntut agar Komisioner KPU Kabupaten Deliserdang harus netral, independent dan tidak dapat dipengaruhi oleh siapa pun dan pihak mana pun demi suksesnya Pilkada Serentak Tahun 2018.
"KPU harus independen dan tidak boleh diintervensi siapapun bahkan Presiden sekalipun. Kami tidak menginginkan KPU dibakar masyarakat karena tidak puas, kami menginginkan Deliserdang kondusif," tegas Bambang.
Ratusan buruh ini kecewa karena Ketua KPU Deliserdang Timo Dahlia Daulay di Jakarta dan tidak ada satu pun Komisioner yang menemui mereka. Padahal menurut mereka surat pemberitahuan sudah disampaikan jauh hari sebelumnya. "Kualitas Pilkada menentukan nasib kita lima tahun kedepan," teriak buruh.
Ratusan buruh ini ditemui Seketaris KPU Kabupaten Deliserdang M Abduh Rijali Siregar. Dihadapan ratusan buruh, Abduh menyebutkan Ketua KPU Kabupaten Deliserdang sedang di Jakarta menemui KPU RI terkait perubahan tahapan Pilkada.
Sementara dua komisioner lainnya sedang Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Deliserdang dan komisioner lainnya sedang tugas di luar kota. "Kami bersedia menerima anspirasi bapak ibu, kami menerima perwakilan sebanyak lima orang," katanya.
Mendengar pernyataan Abduh, buruh menolak jika hanya diterima Sekretaris dan meminta agar ditemui komisioner. Ratusan buruh memilih bertahan di luar Kantor KPU Kabupaten Deliserdang menunggu dua komisioner yaitu Lisbon Situmorang dan Boby Indra Prayoga yang sedang RDP di DPRD Deliserdang. Aksi demo ratusan buruh ini pun dikawal ketat personil gabungan Polsek Lubuk Pakam dan Polres Deliserdang. (ardy/mm)