Selisih 372 Suara di Pilkada Madina, Gugatan Paslon “SUKA” Diterima MK

Paslon nomor urut 01 pada Pilkada Madina Sukhairi - Atika (Suka). (Foto/Istimewa).

MADINA - Permohonan gugatan Pasangan Calon (Paslon) Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Nomor Urut 01, H.M Ja’far Sukhairi Nasution dan Atika Azmi Utammi Nasution diterima oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Dengan diterimanya permohonan gugatan Paslon yang akrab dengan jargon "Suka" ini,  selanjutnya akan memasuki tahapan sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi.

"Selanjutnya kita akan mengikuti sidang lanjutan dengan agenda pembuktian tanggal 25 bulan ini," kata kuasa hukum Paslon 01 Dr.H. Adi Mansar, SH,MHum, Rabu (17/2/2021).

Ia meyakani permohonan yang diajukan di MK atas hasil Pilkada Madina 2020 dapat dimenangkan. "Insyaallah, cuma banyak orang yang merasa bahwa permohonan yang kita ajukan itu terlalu keras yaitu diskualifikasi, hanya saja yang mengatakan itu karna merka tidak belajar sesungguhnya tentang aturan main," ujarnya.

Sebelumnya Paslon 01 melayangkan gugatan ke MK atas hasil Pilkada Madina 2020 dan teregister dengan nomor 86/PHP.BUP-XIX/2021.

Pada perolehan suara pada Pilkada Madina 2020 lalu, tim Paslon 01 H. M. Jakfar Sukhairi dan Atika Azmi Utammi kalah tipis dari tim paslon 02 Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dan Aswin Parinduri, dengan selisih 372 suara.

Dari hasil Rekapitulasi Penghitungan suara ditingkat Kabupaten Paslon 01 berhasil mengumpulkan suara sebanyak 78 921 sementara paslon 02 memperoleh sebanyak 79 293.