Soal Gugatan Paslon 1 dan 3, KPUD Karo Siap Hadiri Sidang MK

Ketua KPU Karo, Gemar Tarigan. (Foto/Ist)

KARO – Penetapan Paslon Bupati Terpilih Pilkada Karo, menunggul hasil sidang perselisihan Pilada di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan menjelaskan perselisihan sengketa Karo dilayangkanan dua paslon pada Kamis 17 Desember 2020, oleh nomor urut I, Jusua Ginting-Saberina Tarigan dan Paslon nomor urut 3, Iwan Sembiring Depari-Budianto Surbakti dan selaku termohon KPUD Karo.

Oleh karena itu, apakah keputusan penetapan akan ditentukan MK. Jika MK menterbitkan menerbitkan Buku Register Perselisihan Konstitusi (BRPK), berarti gugatan Paslon akan tetap lanjut sidang di MK.

Kalau gugatan dinyatakan tidak masuk di MK maka bisa jadi pengaduan dari Paslon akan gugur dan KPUD Karo sudah sewajibnya menetapkan Bupati dan Wakil Bupati Karo terpilih, paling lama 5 hari setelah keputusan MK, tepatnya  pada tanggal 23 Januari 2021.

Untuk itu, KPUD Karo selaku termohon, lanjut Gemar Tarigan, sudah mempersiapkan seluruh kronologis serta bukti-bukti untuk menjelaskan dan menjawab seluruh pengaduan yang di sampaikan Pemohon (Paslon Nomor Urut 1 dan 3).

“KPUD Karo sudah siap 100% untuk bersidang di MK pada sidang perdana Tanggal 26/01/2021 nanti,” pungkas Gemar Tarigan.