Pilkada Madina 2020

Soal Gugatan Paslon Dahlan-Aswin, Tim Pemenangan Suka: Kita Harga Hak Orang

Ketua Tim Pemenangan SUKA, Khoiruddin Faslah Siregar. (foto:mm/fadli)

MADINA - Terkait permohonan gugatan yang dilayangkan tim Paslon nomor urut 02, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dan Aswin Parinduri ke Mahkamah Konstituai (MK), Ketua tim Pemenangan Paslon Suka Khoiruddin Faslah Siregar mengatakan menghargai hak konstitusi orang.

Diketahui pasca Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mandailing Natal (Madina) tim Paslon 02 melayangkan gugatan ke MK.

"Kita menghargai itu sebagai hak konstitusional orang. Yang menjadi persoalannya kita gak tau materinya gugatannya apa, kalau perselisihan hasil PSU, Paslon 02 kan unggul, jadi kita menunggu saja," kata Faslah, Jumat (30/4/2021).

Dikatakan Faslah tim Paslon Sukhairi - Atika siap jika MK nantinya menerima dan memperoses gugatan tim Paslon 02 Dahlan-Aswin.

"Itu konsekwensi. Kita akan siapkan apa yang dibutuhkan dalam persidangan dan yang diminta majelis dan ini sesuatu hal baru ada satu perkara diadili dua kali," kata Faslah.

KPU sendiri mengeluarkan surat bernomor 736/PL.02.7-SD/1213/KPU-Kab/IV/2021 tentang penundaan jadwal penetapan calon terpilih pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2020.

Sebelumnya KPU Madina juga telah menetapkan Paslon nomor urut 01 H. M Jakfar Sukhairi dan Atika Azmi Utammi sebagai pemilik suara terbanyak pada Pilkada Madina, pada rapat pleno KPU tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara dengan selisih 154 suara dari Paslon Dahwin.

Pada rekapitulasi penghitungan suara tersebut, paslon nomor urut 01 Sukhairi-Atika memperoleh suara sebanyak 79.156, Paslon nomor urut 02, Dahlan-Aswin memperoleh 79.002 suara, dan Paslon nomor urut 3, Sofwat-Zubeir memperoleh 44.949 suara.