Tak Netral, Panwaslu Akan Proses ASN Simalungun

Medanmerdeka.com - Panwaslu Simalungun akan memproses puluhan ASN Pemkab Simalungun karena patut diduga tidak netral dalam Pilgubsu. ASN setingkat eselon II,III, IV dan Staf tersebut kerap menghadiri dan berfoto bersama salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Utara Pilkada Serentak 2018.

Sebelumnya Wakil Bupati Simalungun, Amran Sinaga yang dimintai tanggapannya mengatakan pihaknya tetap mengingatkan ASN untuk tetap menjaga netralitas dalam Pilgubsu dan tidak mnjadi tim sukses (TS) salah satu pasangan calon.

“Para ASN Pemkab Simalungun selalu diingatkan untuk menjaga netralitas,bagi yang melanggar harus menanggung akibatnya, sebab ada sanksi yang mengaturnya,” pungkas Amran.

Komisioner Panwaslu Kabupaten Simalungun, Michael R Siahaan menuturkan, pihaknya akan memanggil sejumlah ASN dari kalangan pejabat dan staf Pemkab Simalungun, yang diduga tidak netral,karena menghadiri kegiatan-kegiatan yang dilakukan salah satu paslon.

Bukti-bukti keterkaitan oknum ASN ini juga sudah dipegang Panwasli, berupa photo dan laporan masyarakat. “Bukti awal untuk melakukan proses pelanggaran yang dilakukan sejumlah oknum ASN Pemkab Simalungun ada berupa photo dan laporan masyarakat. Dalam waktu dekat ini akan dilakukan pemanggilan,” tegas Michael.(am/vis/mm)